Komnas HAM Pastikan Kawal Kasus Ferdy Sambo hingga Pengadilan

Jakarta

Komnas HAM telah merampungkan penyelidikan kasus tewasnya Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang diotaki Irjen Ferdy Sambo. Komnas HAM memastikan akan mengawal proses persidangan kasus tewasnya Brigadir J sesuai dengan prinsip HAM.

“Iya (pastikan sidang Brigadir J berjalan sesuai prinsip HAM). Juga tentang tindak pidana atau pelanggaran etik terkait obstruction of justice,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Kamis (25/8/2022).

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan penyelidikan Komnas HAM telah rampung. Namun, pihaknya tetap akan mengawasi obstruction of justice dalam kasus tersebut diproses.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ya sebenarnya berakhir dalam pengertian soal sudah dapat tersangka pembunuhan dan sebagainya, tapi dalam konteks obstruction of justice memastikan adanya aspek fair trial, pengawasan proses di pengadilan dan sebagainya Komisi III berharap kami tetap bisa melanjutkan dalam konteks itu, kami akan meneruskan proses pengawasan,” katanya.

“Tapi memang tidak model apa namanya pendalaman mencari informasi kaya seperti yang selama ini kita lakukan, tapi pengawasan apakah proses proses pengadilan dan sebagainya itu dilakukan secara baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip HAM,” sambungnya.

Anam mengatakan jika terjadi hal-hal di luar prinsip HAM, pihaknya akan memberikan catatan kepada pengadilan. Oleh sebab itu, Anam memastikan pihaknya akan mengawal proses persidangan kasus Brigadir J hingga selesai.

“Pada intinya kalau biasanya kami melakukan proses pengadilan itu ya pengawasan pengadilan memberikan catatan kalau seandainya memang terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip fair trial ya, tidak juga mencakup obstruction of justice, biasanya seketika itu memang kita bisa langsung memberikan catatan itu kepada siapa pun pihaknya, gitu. Kalau nunggu selesai pengadilannya malah nggak terlalu bermanfaat (catatannya) nanti,” katanya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: