Komnas HAM: Penyelidikan Kasus Pembunuhan Brigadir J Sudah Selesai

Jakarta

Komnas HAM telah rampung melakukan penyelidikan terkait pembunuhan terhadap ajudan Irjen Ferdy Sambo, Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Komas HAM kini tengah menyusun laporan hasil penyelidikan.

“Bukan menyetop, tapi memang sudah selesai,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat dihubungi, Kamis (25/8/2022).

Taufan mengatakan nantinya laporan akhir akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia belum dapat memastikan kapan laporan diserahkan ke Jokowi karena masih menunggu jadwal dan berkoordinasi dengan Menko Polhukam Mahfud Md.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Menunggu jadwal dari Istana. Kami masih koordinasikan dengan Pak Mahfud,” ujarnya.

Saat ditemui di kantornya, Taufan menilai penanganan kasus tersebut oleh Polri sudah sesuai dengan jalur atau on the track.

“Ketika kita melihat ini on the track, maka sudah saatnya mengakhiri, tugas kami itu membuat laporan dan tinggal mengawasi saja proses penuntutan dan persidangan,” ucapnya.

Taufan mengatakan tugas utama Komnas HAM adalah mengawasi dan menyelidiki kasus pembunuhan terhadap Brigadir J untuk memastikan ada atau tidaknya pelanggaran HAM. Dia menyatakan saat ini kasus tersebut sudah makin terang sehingga Komnas HAM akan menutup penyelidikan.

“Tugas kami kan yang pertama mengawasi dan melakukan penyelidikan pemantauan dan itu pendampingan. Jadi artinya kita mau proses penyidikan dan penyelidikan Polri yang di awal dicurigai dan terbukti banyak masalah itu, dalam langkah selanjutnya benar-benar on the track sesuai dengan prinsip fair trial,” katanya.

“Prinsip fair trial itu prinsip hak asasi manusia supaya setiap orang bisa mendapatkan keadilan, keadilan bagian dari hak asasi,” sambungnya.