Kompolnas Beberkan Proses Pengawasan Saat Autopsi Ulang Brigadir J

Jakarta

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memastikan proses autopsi jenazah Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J berjalan profesional dan transparan. Kompolnas mendapat akses melihat langsung proses autopsi tersebut.

“Kompolnas selaku pengawas eksternal memantau pelaksanaan ekshumasi dan autopsi ulang almarhum Joshua untuk memastikan Polri profesional, independen, transparan, dan akuntabel dengan dukungan scientific crime investigation,” kata komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

“Kami mendapat akses seluas-luasnya untuk menyaksikan ekshumasi dan autopsi ulang yang kemudian dilanjutkan dengan pemulasaraan jenazah,” lanjutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Poengky juga memastikan proses autopsi dilakukan oleh tim dokter yang berintegritas dan independen.

“Autopsi dilakukan tim dokter Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) yang berintegritas tinggi, independen, dan ahli di bidangnya, sehingga hasilnya valid. Tim PDFI akan menyampaikan hasilnya kepada penyidik,” ujarnya.

Poengky berharap masyarakat sabar menunggu hasil keputusan autopsi. Dia yakin hasil autopsi akan disampaikan seterang-terangnya ke publik.

“Kapolri sudah menyatakan bahwa hasil autopsi akan disampaikan kepada publik. Kompolnas berharap masyarakat sabar menunggu tim dokter forensik bekerja,” ucapnya.

Diketahui, jenazah Brigadir J sudah dilakukan ekhumasi atau autopsi ulang pada Rabu (27/7). Tim forensik sudah mengambil sampel untuk diperiksa lebih lanjut di RSCM.

Sampel diperkirakan akan sampai hari ini. Lama pemeriksaan diperkirakan 4-8 minggu.

“Lama pemeriksaan tentunya antara 2-4 minggu untuk memproses sampel jaringan itu hingga menjadi di slide, dan untuk kita bisa interpretasikan. Jadi 2-4 minggu itu proses sampel jaringannya. Setelah itu tentunya kami akan periksa lagi dan kami interpretasikan,” ujar ketua tim dokter forensik autopsi ulang Brigadir J, Ade Firmansyah Sugiharto, saat konpers di RSUD Sungai Bahar, Jambi, Rabu (27/7/2022).

Kapolri pastikan hasil autopsi diumumkan, simak di halaman berikut

Lihat Video: Proses Autopsi Ulang Brigadir J Hingga Dimakamkan Secara Kepolisian

[Gambas:Video 20detik]