Kota di Rusia Umumkan Keadaan Darurat Kebakaran Hutan

Jakarta

Kota Riazan yang terletak di wilayah Rusia, sebelah timur Moskow, mengumumkan keadaan darurat kebakaran hutan. Hal ini diumumkan setelah kebakaran hutan menghanguskan lebih dari 8.000 hektar atau 20.000 hektar lahan.

Dilansir AFP, Selasa (23/8/2022) Gubernur sementara Pavel Malkov mengatakan melalui Telegram bahwa tindakan itu dilakukan untuk mempermudah mobilisasi sumber daya serta untuk melindungi penduduk dan wilayah.

Malkov menambahkan bahwa pengawasan udara mengindikasikan sebanyak 9.000 hektar hutan telah terbakar. Greenpeace mengutip rekaman satelit dalam memperkirakan setidaknya 11.000 hektar telah hancur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pihak berwenang setempat bereaksi setelah rekan-rekan Moskow memprotes terhadap asap kebakaran yang mencapai ibu kota.

Walikota Moskow Sergei Sobyanin, yang mengunjungi wilayah yang terkena dampak pada Senin waktu setempat, memposting di Telegram bahwa 8.500 orang dan 200 unit peralatan khusus, termasuk helikopter, akan dikirim untuk membantu memadamkan api.

Pemerintah daerah sebelumnya telah mengindikasikan 900 petugas pemadam kebakaran, tujuh pesawat dan 10 helikopter menghadapi kobaran api di daerah yang disebut Sobyanin sebagai daerah yang sulit diakses.

(dwia/dwia)