KPA: 414 Mahasiswa KTP Bandung Terinfeksi HIV/AIDS

Bandung

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung mencatat kasus penularan HIV AIDS didominasi oleh usia produktif. Hingga Desember 2021, tercatat ada 12.358 pengidap HIV/AIDS yang melakukan pelayanan kesehatan di Kota Bandung.

Rinciannya, 5.943 di antaranya merupakan warga Kota Bandung. Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi mengatakan penularan HIV AIDS yang saat ini terjadi didominasi oleh warga yang memiliki umur produktif 20-29 tahun.

“Paling banyak itu usia 20-29 tahun, persentasenya 44,84 persen, usia produktif banget,” kata Silvia kepada detikJabar via sambungan telepon, seperti dilansir detikJabar, Selasa (23/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kasus HIV/AIDS di Kota Bandung ini menyasar semua kalangan dan profesi, salah satunya mahasiswa. Dari kasus penularan yang mencapai 5.943 kasus, mahasiswa menyumbang kasus positif mencapai 6,97 persen atau mencapai 414 kasus.

Menanggapi informasi tersebut, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Bandung melakukan antisipasi dengan melakukan sosialisasi terkait pergaulan bebas yang terjadi di usia remaja-dewasa.

“Itu jadi warning buat kita semua, kita harus lebih intens edukasi lagi ke kaum remaja dengan usia produktif,” kata Kepala DPPKB Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari via sambungan telepon, Senin (22/8).

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)