KPP Pratama Kenalkan E-Filing

kpp pratama kenalkan e-filing

kpp pratama kenalkan e-filingPURWOKERTO – Berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, dalam penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan. Salah satu terobosan yang dilakukan, melalui sebuah inovasi baru yang bernama e-Filing.

Kepala KPP Pratama Purwokerto, Mulyono Marsandi mengatakan, penyampaian SPT Tahunan dengan e-Filing telah diwajibkan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI hingga Polri. Hal itu didasarkan pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 8 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi oleh Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia melalui e-Filing.

Dijelaskan, e-Filing merupakan suatu cara penyampaian SPT yang dilakukan secara online dan real time melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id). Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan pajak di KPP Pratama Purwokerto.

“Penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filing sangat mudah dilakukan. Hanya duduk di kantor atau di rumah, data harta dan penghasilan bisa kita input ke komputer yang terkoneksi dengan internet. SPT Tahunan sudah bisa dilaporkan secara real time. Sehingga bisa lebih cepat, mudah dan murah,” katanya saat menyampaikan sambutan dalam acara Tax Gathering di Hotel Aston, Selasa (23/2).

Dalam acara tersebut, dia juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara, anggota TNI dan Polri serta masyarakat umum yang berstatus sebagai karyawan/karyawati untuk memanfaatkan kemudahan pelaporan SPT dengan e-Filing sebelum jatuh tempo.

“Kita harapkan mereka bisa menjadi tauladan kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan,” katanya.

Menurutnya, pajak memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu sumber penerimaan negara di APBN. Sehingga memang menuntut partisipasi seluruh Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. “Salah satu kewajiban wajib pajak adalah menyampaikan SPT Tahunan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, di tahun 2016 ini KPP Pratama Purwokerto juga terus mengimbau, mengedukasi, dan mengawasi wajib pajak untuk patuh dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya. “Berbagai instrumen kebijakan telah dilaksanakan, termasuk pencanangan tahun 2015 sebagai tahun pembinaan dan tahun 2016 ini sebagai tahun penegakan hukum,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa pejabat dari unsur Muspida melakukan pelaporan SPT Tahunan online secara simbolis. Selain itu, sejumlah pejabat juga mendapat penghargaan. Terutama berkaitan dengan pelaksanaan pajak dari masing-masing instansi. Seperti Wakil Bupati Banyumas, Kapolres Banyumas, Dandim 0701 Banyumas, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto dan segenap pejabat teras di lingkungan pemerintah Kabupaten Banyumas, serta pejabat instansi vertikal lainnya. (bay/sus)

Sumber: