Krisis Air di Rusun City Garden Belum Usai, Warga Fokus Bikin P3SRS Dulu

Jakarta

Masalah krisis air bersih di Rumah Susun Milik City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, belum menemui solusi. Instalasi PAM belum ada. Untuk saat ini, warga berkonsentrasi membentuk perhimpunan pemilik dan penghuni satuan rumah susun (P3SRS).

“Soal akses air bersih, belum ada progres apa-apa dari developer. Untuk saat ini, kami hanya fokus ke pembentukan P3SRS,” kata perwakilan warga bernama Suherman kepada detikcom, Selasa (23/8/2022).

P3SRS adalah badan hukum yang beranggotakan para pemilik atau penghuni rusun. Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rusun, pemilik rusun wajib membentuk P3SRS. Menurut Peraturan Menteri PUPR Nomor 14 Tahun 2021, P3SRS berkewajiban mengurus kepentingan para pemilik dan penghuni.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Target pembentukan P3SRS sampai Januari tahun depan. Semoga sesuai jadwal,” kata Suherman.

Soal suplai air bersih, Suherman mengabarkan bahwa warga di sini membeli air dari layanan tangki. Harganya Rp 35 ribu per kubik. Air dari tangki disalurkan ke sistem pipa ke dalam gedung rusun, cara ini lebih ringan ketimbang pada beberapa bulan lalu saat warga harus antre ke mobil tangki sambil membawa galon masing-masing.

“Air tangki ini adalah hasil dari kesepakatan warga selama PDAM belum masuk ke Rusun City Garden. Jadi, pembelian air tangki ini dikelola oleh perwakilan warga untuk disalurkan ke unit masing-masing. Warga membayar sesuai dengan meterannya,” kata Suherman.

Sudah dua kali warga Rusun City Garden menerima undangan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta untuk membahas masalah hunian mereka, fokus ke pembentukan P3SRS, namun belum membahas soal air bersih.

Sebelumnya diberitakan, pertemuan yang dimediasi Dinas Perumahan sudah digelar tanggal 10 Juni lalu. Saat itu, masalah janji pengembang (developer) untuk menyediakan air bersih turut dibahas.

tangki air bersih di rusunami city garden, cengkareng jakarta barat.Tangki air bersih di Rusunami City Garden, Cengkareng Jakarta Barat. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Salah satu poin kesimpulan rapat adalah meminta pengembang (developer/pelaku pembangunan) memenuhi janji soal pemasangan air bersih, yakni instalasi pipa PAM di Rusun City Garden. Soalnya 12 tahun silam, pihak pengembang menjanjikan air air bersih PDAM dalam brosur dan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

“Pelaku pembangunan berjanji mengupayakan menyelesaikan air bersih bersumber dari PDAM di City Garden sesuai janji dari awal pemasaran,” demikian bunyi salah satu kesimpulan rapat saat itu.

(dnu/aik)