Lima Komisioner KPU Banyumas Ikuti Orientasi Tugas

lima komisioner kpu banyumas ikuti orientasi tugas

lima komisioner kpu banyumas ikuti orientasi tugas

PURWOKERTO–Lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas mengikuti kegiatan Orientasi Tugas gelombang kelima di Jakarta, Selasa (13/11) hingga Sabtu (17/11) mendatang. Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi mengatakan, setelah orientasi diharapkan wawasan dan pengetahuan terkait kepemiluan meningkat.

“Kegiatan orientasi tugas penting diikuti oleh anggota KPU kabupaten/kota,” katanya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menunjang kinerja anggota KPU untuk mensukseskan tahapan Pemilu 2019. Selain kelima komisioner, Imam mengatakan, sekretaris KPU Banyumas juga mengikuti kegiatan orientasi ini.

“Materi yang disampaikan tentang kode etik penyelenggara Pemilu, pengawasan penyelenggaraan Pemilu, perspektif penyelenggara pemilu dari periode ke periode, serta materi lain yang terkait kepemiluan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, juga disampaikan materi tentang kesekretariatan. Diantaranya peran kesekretariatan dalam menjalankan tugas, struktur organisasi, dan tata kerja anggota Pemilu.

Sebagai narasumber adalah Ketua dan Anggota KPU RI, Ketua Bawaslu RI, DKPP, tim fasilitator, Anggota KPU RI 2012-2017 Ida Budhiati, dan Anggota KPU RI 2004-2017, Ramlan Surbakti. “Kegiatan diikuti oleh 180 orang dari KPU Kabupaten/kota dari tujuh Provinsi,” jelas Imam.

Penyelenggara kegiatan adalah KPU RI yang diadakan di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta. Imam menyampaikan, Ketua KPU RI Arief Budiman dalam pembukaan acara mengatakan, kegiatan ini sebagai pembekalan anggota KPU dalam menjalankan tugas periode 2018/2023.

Setelah acara orientasi tugas selesai, kegiatan akan dilanjutkan dengan Konsolidasi Nasional KPU di Ancol yang digelar pada hari Sabtu (17/11) dan Minggu (18/11). (ing)

Sumber: