Linmas Diminta Turut Amankan Pilkada di Banyumas

linmas diminta turut amankan pilkada di banyumas

6.059 Linmas Dilantik

PURWOKERTO – Perlindungan Masyarakat (Linmas) diminta turut aktif berperan serta dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Pilbup maupun Pilgub, tahun depan. Ini sesuai dengan tugas pokok Linmas sudah diatur.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menyatakan, Satlinmas bertugas membantu dalam penanggulangan bencana, membantu menjaga kamtibmas, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu ketertiban pemilu dan membantu dalam upaya pengamanan negara.

defile 6.059 anggota linmas mengikuti parade usai pelantikan di stadion satria purwokerto rabu kemarin. dimas praboworadar banyumasDEFILE : 6.059 anggota Linmas mengikuti parade usai pelantikan di Stadion Satria Purwokerto, Rabu kemarin. (DIMAS PRABOWORADAR BANYUMAS)

“Linmas wajib menjunjung tinggi norma hukum, agama, HAM dan norma lainnya yang tumbuh dan berkembang di lingkungan sosial serta memegang tegus disiplin,” kata bupati dalam amanatnya saat pelantikan Linmas di Gor Satria Rabu (20/12) kemarin.

Dia berpesan, Linmas dapat membantu penanganan keributan yang terjadi di masyarakat dan melaporkan secara berjenjang apabila ditemukan adanya tindak gangguan kamtibmas. Linmas juga diminta mampu memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara situasi kamtibmas maupun mengamankan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Tahun depan merupakan tahun politik dimana ada Pilbup dan Pilgub, saya berharap agenda tersebut dapat berjalan lancar, aman, damai sejuk, kondusif dan demokratis. Namun, Linmas juga harus bersikap netral dalam pengaman serta mampu bekerjasama dengan Polri dan TNI,” ungkap bupati.

Dalam Pilkada nanti, Linmas harus siap sedia bahkan siap menjadi garda terdepan demi suksesnya Pilkada.

“Peran Linmas sangat penting dan strategis dalam pengamanan TPS, penghitungan suara serta menjaga surat suara selama dalam pengiriman ke KPU. Tugas ini harus dijalankan dengan baik, penuh tanggungjawab demi kamtibmas yang lebih baik, cepat, tepat dan manusawi,” tegas Husein.

Pada pelantikan kemarin, 6.059 Linmas dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banyumas resmi dilantik. Setelah pelantikan, masing-masing kontingen dari 27 kecamatan melaksanakan defile di hadapan Bupati dan tamu undangan. (mif)

Sumber: