Luar Biasa Pak Polisi, Melayani Pajak Kendaraan Sampai ke Rumah Sakit

sibnews.info, Banjarnegara – Dulu, warga masyarakat pemilik kendaraan bermotor harus rela antri bahkan memilih langkah simpel memakai biro jasa untuk memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraannya rutin tiap tahun. Sejalan dengan waktu, kini masyarakat telah merasakan kemudahan memperoleh pelayanan untuk memenuhi kewajiban, salah satunya membayar pajak kendaraan.

Kemudahan pelayanan ini sudah berlaku di seluruh daerah di tanah air dengan cara yang berbeda-beda. Beruntunglah bagi warga Kabupaten Banjarnegara, pelayanan untuk mereka yang punya wajib pajak kendaraan diberikan secara ekstra. Terbaru, masyarakat wajib pajak kendaraan bahkan bisa memenuhi kewajiban mereka di area rumah sakit yang membuka pos khusus layanan pembayaran pajak kendaraan.

Siapa yang menginisiasi pola layanan tersebut? Mereka adalah para abdi negara yang tergabung dalam Tim Sarsipol (Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online). Tim ini terdiri dari Satlantas Polres Banjarnegara dan Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD). Ketika membuka pelayanan di rumag sakit, Tim Sarsispol menggandeng pihak Rumah Sakit Islam Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto SH SIK MH MSi melalui Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar SH MH menyatakan, pemberian layanan pajak tahunan kendaraan ini sengaja dibuka di RS Islam Banjarnegara, sebagai bukti nyata dan dukungan penuh program Sarsipol.

*Kami dari Polres Banjarnegara membuka kerjasama yang luas dengan pihak manapun, hari ini Jumat (8/1/2021) kami mencoba membuka layanan pajak di gedung Gerai Pelayanan Sarsipol,” kata Kasatlantas.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan langkah unyuk memaksimalkan layanan agar semakin dekat dengan masyarakat. Layanan bersifat umum, bukan hanya kepada warga rumah sakit saja.

“Masyarakat Bawang dan sekitarnya bisa membayar pajak tahunan, warga yang kebetulan sedang berobat pun bisa memanfaatkan program ini. Jika hasil monitoring dan evaluasi baik, kita akan tetapkan setiap hari Jumat ada layanan pajak tahunan baik kendaraan roda dua atau toda empat di RS Islam Banjarnegara,” tambahnya.

Erwin menegaskan, lokasi yang dipilih tersebut bukan berada di area pelayanan pasien, melainkan areal parkir, yang jaraknya jauh dari layanan kesehatan.

“Meskipun di rumah sakit, tempat pelayanan pajak tahunan sangat aman. Jauh dari layanan pasien, terkait masa pandemi, petugas kami juga melaksanakan protokol kesehatan, seperti bermasker, jaga jarak aman, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan. Begitu masuk ada pos satpam langsung saja belok ke kiri ada gedung warna putih berbentuk prisma, kita ada di gedung tersebut,” tegas Erwin.

Tim Sarsipol Banjarnegara bukan kali ini saja melakukan action-nya. Sebelumnya, mereka sudah membuat gebrakan keren dengan menciptakan helm dan drone thermal sebagai alat pengukur suhu tubuh jarak jauh.

Staf Humas RSI Banjarnegara, Nugroho Purbohandoyo SPsi menyatakan, kegiatan ini sudah direncanakan sekitar beberapa bulan lalu, namun karena banyaknya kegiatan di Sarsipol maka baru terlaksana hari ini.

“Sarsipol alhamdulillah banyak sekali kegiatannya, pendiri Sarsipol berharap banyak kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan. Maka kali ini kita luncurkan aksi nyata dengan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” kata pria muda yang juga dipercaya menjadi Penyelia Sarsipol RSI Banjarnegara ini.

Nugroho juga menyebut, kali ini baru berupa pelayanan dalam pembayaran pajak tahunan kendaraaan. Tidak menutup kemungkinan dengan menggandeng Satuan Intelkam Polres Banjarnegara akan memberikan pelayanan surat kehilangan, dan SKCK online di tempat yang sama.

“Kami berharap Sarsipol mampu memberikan manfaat yang banyak kepada masyarakat, sesuai keinginan pendiri yaitu Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, dan Direktur RS Islam Banjarnegara dr Agus Ujianto SpB. Pelayanan dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Kegiatan layanan pajak tahunan pada hari tersebut mencapai hampir 100 orang. Semua terlayani dengan baik, dan secara ketat menerapkan protokol kesehatan.

Editor : Angga Saputra