MAN 1 Banyumas Mulai Jaring Siswa-Siswi SMP / MTs Berprestasi

man 1 banyumas mulai jaring siswa-siswi smp / mts berprestasi

man 1 banyumasMAN 1 Banyumas bergerak lebih cepat untuk menjaring siswa-siswi SMP / MTs berprestasi untuk bergabung di kelas unggulan IPA. Benefitnya, terbebas dari SPP, hingga memperoleh beasiswa.

PURWOKERTO – MAN 1 Banyumas bergerak lebih awal dalam menjaring siswa-siswi SMP / MTs berprestasi, untuk ikut bergabung dalam kelas unggulan IPA.

Kepala MAN 1 Banyumas, Drs. H. Muslikh, menuturkan, bagi siswa-siswi berprestasi yang diterima pada kelas unggulan IPA MAN 1 Banyumas dan memenuhi persyaratan, akan dibebaskan dari SPP dan biaya sarana prasarana selama 3 tahun.

Baca juga : BOS Daerah yang Digelontorkan Kepada MA, Dinilai Terlalu Kecil

Tidak hanya itu saja, siswa-siswi yang akan menduduki kelas unggulan IPA MAN 1 Banyumas juga akan mendapat beasiswa, berupa beasiswa Tahfidz Quran, beasiswa bantuan pemerintah, dan beasiswa dari Lazisma Guru dan Karyawan MAN 1 Banyumas.

“Jumlah siswa-siswi IPA, IPS, dan Keagamaan MAN 1 Banyumas saat ini sebanyak 1.100-an anak,” tuturnya, Rabu (5/2).

Muslikh menjelaskan, bagi siswa-siswi SMP / MTs yang belum diterima di kelas unggulan, akan secara otomatis langsung terdaftar di kelas reguler.

“Pendaftaran kelas reguler setelahnya, mulai 9 Maret sampai 5 Juni untuk gelombang 2. 7 Juni hingga Juli gelombang 3,” terangnya.

Baca juga :

Dirinya juga menuturkan, jika SPP masih diberlakukan. Hal ini dikarenakan, MAN merupakan satuan pendidikan di bawah kewenangan dari Kemenag, bukan Kemendikbud. Selain itu, MAN juga tak memperoleh Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), layaknya satuan pendidikan negeri setara MA.

Bahkan, BOSDA-pun, MAN juga tidak memperoleh, karena rata-rata, MAN sudah terakreditasi A. MAN sendiri hanya mendapatkan BOS reguler. (yda)

Sumber: