Masjid Erick Thohir Tepis Isu Viral: Perempuan Tak Berjilbab Boleh Masuk

Jakarta

Pihak Masjid At Thohir menyampaikan klarifikasi soal isu viral yang menyebut perempuan tidak berjilbab dilarang masuk. Pihak masjid menepis kebenaran isu viral itu karena perempuan tidak berjilbab juga diperbolehkan masuk masjid ini.

“Kita tidak pernah melarang siapapun itu, apalagi untuk beribadah. Yang tidak berkerudung pun kita perbolehkan,” kata Sekretaris Masjid At Thohir, Amanda, kepada detikcom, Rabu (24/8/2022).

Kini, pihak masjid sudah mendapat kontak Etty dan sedang berusaha menyampaikan klarifikasinya ke Etty. Selain itu, pihak Masjid At Thohir menyampaikan rekaman CCTV yang memperlihatkan peristiwa yang dikomplain oleh Etty di media sosialnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita ada rekaman CCTV. Ada jemaah yang melarang dengan memberi isyarat, hanya beberapa detik. Itu kejadian tadi malam, antara magrib ke isya,” kata Amanda.

Ternyata, berdasarkan keterangan Amanda, orang yang melarang Etty masuk masjid bukanlah pihak pengurus masjid yang dibangun Erick Thohir ini, melainkan sekadar jemaah pengunjung.

rekaman cctv tentang seorang perempuan yang mengaku dilarang masuk masjid at thohir karena dirinya tidak berkerudung. (dok masjid at thohir)Rekaman CCTV tentang seorang perempuan yang mengaku dilarang masuk Masjid At Thohir karena dirinya tidak berkerudung. (Dok Masjid At Thohir)

Berikut ini keterangan dari pihak Masjid At Thohir yang disampaikan Amanda kepada Direktur Yayasan At Thohir, H Rachmatullah, sembari menunjukkan rekaman CCTV tersebut. Penjelasan ini disampaikan Amanda kepada detikcom:

Assalamualaikum Pak Rachmat, menanggapi video yang sedang viral saat ini mengenai larangan seorang ibu masuk masjid At Thohir karena tidak mengenakan kerudung, di sini bukan dari pihak Masjid At Thohir, atau bukan dari pengurus Masjid At Thohir yang melarang, melainkan dari jamaah luar.

Di sini jelas bahwa seorang ibu berbaju putih dan bercelana pink diingatkan dengan diberikan isyarat oleh jemaah seorang bapak-bapak berbaju koko putih berkopiah putih dan bercelana abu-abu untuk memakai kerudung. Di sini hanya diberikan isyarat, bukan diberikan larangan untuk masuk ke masjid.

Yang jelas bahwa bukan dari pihak Masjid At Thohir atau bukan dari pengurus Masjid At Thohir yang melarang ibu tersebut tidak boleh beribadah atau masuk ke masjid.

Kami dari pengurus Masjid At Thohir tidak pernah melarang siapapun untuk beribadah di masjid At Thohir, baik yang misalnya mengenakan kerudung maupun tidak mengenakan kerudung pun kita perbolehkan untuk beribadah di masjid.

Demikian penjelasan dari kami. Kurang lebihnya mohon maaf, Pak Rachmat. Terima kasih. Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kabar viral

Sebelumnya, kabar viral datang dari akun TikTok @etibudiy diunggah pada Selasa (23/8) malam dan viral pada Rabu (24/8/2022). Video itu menyebar pula lewat media sosial jenis lain.

Awalnya, Etty hendak menunaikan salat masjid bersama suaminya di masjid yang beralamat di Tapos, Depok, Jawa Barat, itu. Namun, dia dilarang masuk oleh seorang pria di masjid itu.

viral, seorang perempuan mengaku dilarang masuk masjid at thohir karena dirinya tidak berkerudung. pihak masjid menyatakan tidak punya larangan semacam itu. (sumber gambar: tiktok @etibudiy01)Viral, seorang perempuan mengaku dilarang masuk masjid At Thohir karena dirinya tidak berkerudung. Pihak Masjid menyatakan tidak punya larangan semacam itu. (Sumber gambar: TikTok @etibudiy01)

“Ada bapak-bapak bilang katanya harus pakai jilbab, yang nggak pakai jilbab nggak boleh salat di sini. Coba bayangin, hanya karena saya nggak pakai jilbab terus saya nggak boleh masuk ke dalam Masjid At Thohir,” kata Etty.

Dia menjelaskan bajunya termasuk sangat sopan dengan kemeja lengan panjang dan celana panjang, hanya saja dia tidak mengenakan kerudung.

“Padahal tahu sendiri dong Pak Erick Thohir, dia baik banget. Saya pasti boleh salat di sini sama Pak Erick Thohir,” kata Etty.

Lihat juga Video: Kepsek yang Mesum di Toilet Masjid di Wonosobo Diperiksa

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/tor)