Masyarakat Tunggu Realisasi ATCS

masyarakat tunggu realisasi atcs

Lalin Jalan Gatsu Masih Semrawut

PURWOKERTO – Masyarakat Purwokerto menunggu realisasi penambahan Area Traffic Control System (ATCS) di Jalan Gatot Subroto (Gatsu). Pasalnya, lalu lintas di wilayah tersebut, khususnya Simpang Kejaksaan dan Simpang Jalan Masjid, cukup semrawut. Salah satu warga, Dika mengatakan lalu lintas di Simpang Kejaksaan sampai saat ini masih cukup padat. Selain adanya lampu lalu lintas yang berdekatan, durasi lampu hijau yang ada juga belum mampu mengurai kepadatan lalu lintas yang ada.

“Banyak kendaraan yang terjebak lampu merah, karena jarak antara Simpang Kebondalem dan Simpang Kejaksaan sangat dekat,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya ATCS di Simpang Kejaksaan, nantinya akan mempermudah petugas dalam mengatur lalu lintas. Tidak hanya itu, antrean panjang kendaraan juga bisa diantisipasi.

Hal senada juga diungkapkan Tri, khususnya untuk pengaturan lampu lalu lintas di Simpang Jalan Masjid, yang berada di sepanjang Jalan Gatsu.

Dia mengatakan, antrean kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani selalu padat. Selain kondisi jalan yang sempit, durasi lampu hijau yang ada juga masih sangat sebentar untuk menyeberangkan kendaraan. “Belum lagi kalau jam padat seperti pagi dan siang hari. Kondisi lalu lintasnya sangat kacau,” jelasnya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Banyumas, Santosa Edy Prabowo mengatakan sampai saat ini pihaknya juga masih menunggu realisasi penambahan ATCS tersebut. Pasalnya, rencanan pemasangan ATCS di sepanjang Jalan Gatot Subroto tersebut merupakan alokasi bantuan dari Gubernur Jawa Tengah. “Mungkin saat ini masih dalam proses lelang di provinsi,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, rencananya ada tiga titik yang nantinya akan dipasang ATCS, yaitu Simpang Kejaksaan, Simpang Bakorwil, dan Simpang Jalan Masjid.

Penambahan ATCS di Jalan Gatsu tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir kemacetan yang kerap terjadi antara Simpang Kebondalem dan Simpang Kejaksaan, termasuk Simpang Jalan Masjid.(bay/acd)

Sumber: