Megawati Resmikan 19 Kantor DPC PDIP dan 2 Monumen Bung Karno

Jakarta

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meresmikan 19 kantor DPC dan 2 monumen Bung Karno yang tersebar di berbagai daerah. Megawati mengatakan kantor baru ini dibangun sebagai rumah rakyat.

“Saya sudah teken prasasti 19 kantor partai baru dan ini adalah yang keenam kalinya dilakukan. Alhamdulillah dari 34 provinsi, 514 kan kota, alhamdulillah dengan 6 tahap, kita sudah ada kantor partai baru sebanyak 100. Itu masih kurang,” kata Megawati secara daring, di gedung DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).

Megawati meminta agar anggota PDIP di seluruh Indonesia terus berupaya membangun kantor partai di tempatnya masing-masing. Menurut dia, kantor tersebut merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan rakyat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Karena kantor partai itu buat saya bukan hanya sekadar kantor, tapi rumah rakyat untuk berkomunikasi dengan mereka, alat perjuangan, mendengarkan kehendaknya (rakyat), apa yang diinginkan, lalu berjuang untuk mereka,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan peresmian ini merupakan arahan sang ketum untuk menyatukan kekuatan dengan rakyat. Dia menjelaskan, peresmian yang dilakukan di Bulan Kemerdekaan ini juga dalam rangka menggelorakan semangat perjuangan.

“Sebagai partai politik, kita terus melakukan langkah-langkah konsolidasi menyatu dengan kekuatan rakyat itu sendiri. Kita menggunakan momentum 17 Agustus, momentum hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-77, bulan keramat dan menggelorakan semangat meletakkan nasib di tangan sendiri, dengan peresmian keenam ini,” kata Hasto, di gedung DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).

Hasto melanjutkan, banyaknya kantor-kantor baru yang dibangun menunjukkan bahwa fungsi-fungsi organisasi PDIP berjalan dengan baik.

“Kantor partai ini menjadi pusat pergerakan kita,” kata Hasto.

Tampak sejumlah pengurus DPP PDIP Komarudin Watubun, Ahmad Basarah, Rokhmin Dahuri, Wiryanti Sukamdani, Arif Wibowo, Utut Adianto dan Nusyirwan Soedjono bersama sejumlah tokoh senior PDIP ikut hadir secara langsung dalam acara peresmian itu, di gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Sekretariat DPP PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharma menginformasikan juga bahwa sejumlah Ketua DPP PDIP hadir di beberapa lokasi. Djarot Saiful Hidayat di Batubara, Sumatera Utara, Sukur Nababan di Bandung Barat, I Made Urip di Lombok Utara, dan Sri Rahayu di Blitar.

Secara daring, hadir para petinggi PDIP lainnya seperti Prananda Prabowo dan Puan Maharani, Ribka Tjiptaning, Sadarestuwati, Hamka Haq, Olly Dondokambey, dan Eriko Sotarduga.

Berikut daftar kantor di tingkat kabupaten/kota yang diresmikan yang masuk dalam gelombang ke-6 yaitu:

Kantor DPC

Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Batu Bara, Sumatera Utara
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Simalungun, Sumatera Utara
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan
Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Pesisir Barat, Lampung
Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Adm. Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, Jawa Barat
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Purworejo, Jawa Tengah
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Karanganyar, Jawa Tengah
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten, Jawa Tengah
Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, Jawa Timur
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Madiun, Jawa Timur
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Ngawi, Jawa Timur
Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Bitung, Sulawesi Utara
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Kota Baru, Kalimantan Selatan
Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Buton Selatan, Sulawesi Tenggara

Monumen Bung Karno

Monumen Soekarno Simpang Tujuh Kab. Buton Selatan
Monumen Soekarno Bandar Batuaga, Kab. Buton Selatan

(mae/mae)