Membaca Bisa Menyenangkan

membaca bisa menyenangkan

nyaman  kantor perpustakaan dan arsip daerah menyediakan ruang belajar anak yang dibuat nyaman, untuk membiasakan anak membacadimas praboworadarmasPURWOKERTO – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Banyumas terus mengupayakan peningkatan minat baca masyarakat. Salah satu terobosan di awal tahun 2016 yaitu fasilitas baru berupa ruang belajar anak. Hal itu ditujukan untuk memupuk minat baca, khususnya untuk anak-anak usia dini.

Pustakawan Kantor Perpusarda, Fuad Zain mengatakan, fasilitas rumah belajar anak memang ditujukan untuk kelompok anak usia dini. Selain buku bacaan untuk anak-anak, ruangan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan edukatif untuk pembelajaran anak-anak.

Diakui, saat ini minat baca masyarakat khususnya untuk media buku sangat berkurang. Terlebih dengan berkembangnya teknologi seperti gadget. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih membaca dengan media online daripada fisik seperti buku.

“Ruang belajar anak ini kita desain agar nyaman bagi anak-anak. Tujuannya untuk membiasakan anak membaca,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, fasilitas bermain yang disediakan dimaksudkan untuk menunjang minat baca anak. Menurutnya, kebanyakan anak-anak memang cenderung lebih aktif, sehingga fasilitas tersebut diharapkan bisa membantu guru untuk menciptakan suasana bermain sambil belajar.

“Dengan kegiatan belajar yang menyenangkan, nantinya akan menciptakan kebiasaan membaca pada anak-anak. Sehingga, para generasi muda diharapkan dapat lebih mencintai dan meramaikan perpusarda,” jelasnya.

Dia mengatakan, ke depan ruangan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan. Antara lain komputer khusus untuk anak-anak, rak penyimpanan buku yang represntatif dan beberapa fasilitas lain.

“Selain fasilitas-fasilitas itu, rencana ke depan kami juga akan merancang ruangan ini agar lebih menarik dengan membuat gambar-gambar di tembok. Kami juga akan menambah fasilitas pemutaran film edukasi,” jelas dia.

Ditambahkan, pihaknya akan menggandeng sejumlah Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di sekitar Perpusarda. Tujuannya untuk meramaikan fasilitas rumah belajar anak itu.

“Setiap hari biasanya ada kunjungan dari TK dan PAUD. Kami akan melakukan kerjasama dengan TK dan PAUD untuki menggelar kegiatan di sini. Para guru bisa mengisi kegiatan seperti mendongeng dan lain sebagainya,” ujar dia.

Pengelola Perpusarda juga akan menyediakan pustakawan yang khusus bertugas mendampingi kegiatan anak-anak di rumah belajar anak itu. “Untuk memastikan keselamatan anak-anak yang beraktivitas juga akan dilengkapi dengan kamera CCTV,” kata dia. (bay/sus)

Sumber: