Menara Pandang, ‘Landmark’ Baru di Purwokerto Berhias Lampu Warna-warni

sibnews.info, Purwokerto – Menara pandang setinggi 114 meter yang akan menjadi landmark Purwokerto akan segera rampung dalam waktu dekat. Menara yang terletak di Jalan Ir Soekarno ini akan memiliki mahkota berwujud bunga teratai dengan lampu warna-warni.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein mengunggah video penampakan menara pandang di malam hari lewat akun Instagram pribadinya @ir_achmadhusein, Selasa (29/3/2022).

Dalam unggahan tersebut nampak warna-warni lampu menyala silih berganti menghias menara.

“Ada 24 fitur /varian /kombinasi warna yg sedang disusun untuk penampakan Menara Pandang di malam hari (pemberian nama mengerucut kepada dua nama yaitu Menara Sangga Langit atau Menara Teratai Fatmawati ) sampai sekarang belum diputuskan,’ tulis Husein.

“Warna warna tersebut akan berubah kombinasinya setiap hari,” lanjutnya.

Sebagai informasi, menara ini terdiri dari lima lantai yaitu lantai low ground, lantai 1, 2, 3, dan 4. Lantai bawah yakni lantai 1 dan 2 memiliki kapasitas lebih luas dari lantai 3 dan 4. Untuk lantai atas tersebut berada di bawah mahkota menara dan memiliki kapasitas masing-masing hanya sekitar 25 orang. Disediakan 2 lift untuk keatas dengan masing-masing kapasitas 20 orang.

Melansir Republika, menara pandang ini nantinya dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas (BLUD-UPTD) Lokawisata Baturraden. Menurut Direktur BLUD-UPTD Lokawisata Baturraden Yanuar Pratama, setidaknya ada dua objek wisata baru yang dapat dikunjungi masyarakat Banyumas saat Lebaran mendatang.

Kedua objek wisata tersebut adalah Menara Pandang dan Taman Mas Kemambang. “Untuk yang menara pandang seperti yang disampaikan Pak Bupati (dibuka jelang Lebaran). Untuk yang Taman Mas Kemambang rencana hari ke 2 Lebaran, tanggal nya masih dikaji, nanti segera diinformasikan,” ujar Yanuar. (F13)