Meningkat, Panen Raya Durian Capai Lebih dari 150 Ribu Kwintal

meningkat, panen raya durian capai lebih dari 150 ribu kwintal

panen raya durianPanen raya durian di Banyumas tahun 2019 meningkat menjadi lebih dari 150 ribu kwintal, Kemranjen menjadi daerah dengan produksi durian terbanyak

PURWOKERTO – Beberapa waktu belakangan, di sepanjang jalan Banyumas kerap kali dijumpai pedagang durian. Bahkan, buah yang dikenal memiliki harga mahal tersebut, sempat dijual dengan harga yang murah.

Banyumas memang sedang dalam masa panen buah durian. Panen rutin tersebut terjadi di akhir dan awal tahun. Di tahun 2019 sendiri, terdapat adanya peningkatan jumlah produksi buah durian di Banyumas.

Kasi Holtikultura Dinpertan KP Banyumas, Iin, memaparkan, untuk tahun 2019 mencapai hingga 155.596 kwintal.

“Untuk tahun 2019, dari Januari hingga Desember 2019, produksi mencapai 155.596 kwintal,” bebernya.

Baca juga : Dipersiapkan, Agrowisata Durian Bakal Hadir di Cilacap

Lanjutnya, dengan jumlah tersebut, merupakan suatu kenaikan dibandingkan dengan tahun 2018.

“Tahun 2018 ada 127.467 kwintal,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinpertan KP Banyumas, Widarso, mengungkap, Banyumas sendiri mempunyai 2 periode panen raya durian.

“Biasanya panen, bisa 2 periode. Panen awal Desember, lalu panen berikutnya di Januari. Bahkan, masih banyak juga yang belum panen,” tegasnya.

Baca juga : Ratusan Orang Dievakuasi Akibat Durian

Tak jarang, masa-masa panen raya seperti ini, banyak durian yang dijual hingga ke luar kota, salah satunya di Jakarta. Sementara itu, Kemranjen menjadi daerah dengan produksi durian terbanyak. (mhd)

Sumber: