Mensos Siapkan Bantuan Sarana Prasarana untuk RSUD Mulia Puncak Jaya

Jakarta

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan bakal memberikan dukungan sarana prasarana di RSUD Mulia Kabupaten Puncak Jaya. Ia menegaskan layanan kesehatan merupakan hal penting bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Risma usai mendistribusikan bantuan sosial dan meninjau fasilitas kesehatan di Kabupaten Puncak Jaya, Jumat (12/8) lalu. Risma didampingi Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya, Eliatas Telengge.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya Ahmad Dalim Jayamada yang juga ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan BPJS Kesehatan akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Puncak Jaya yang membutuhkan pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Program JKN merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh masyarakat, tak terkecuali yang tinggal di Kabupaten Puncak Jaya. Dalam pelaksanaannya, program ini didukung penuh oleh Dinas Kesehatan, rumah sakit dan stakeholders lainnya,” jelas Dalim dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

“Suatu kebanggaan bagi kami Menteri Sosial dapat mengunjungi RSUD Mulia yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kami senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta JKN, bahkan masyarakat umum yang belum terdaftar dalam Program JKN,” lanjut Dalim.

Sementara itu, Direktur RSUD Mulia dr. Muh Nasir Ruki menyampaikan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN dan masyarakat luas. Meskipun diungkapkannya ada beberapa kendala terkait ketersediaan air bersih, listrik serta fasilitas lainnya yang menjadi kebutuhan rumah sakit.

“Besar harapan kami ke depannya kebutuhan ini dapat dipenuhi sehingga masyarakat Kabupaten Puncak Jaya bisa merasakan pelayanan kesehatan sebagaimana yang dirasakan masyarakat lainnya yang berada di luar Papua,” ungkap dr. Nasir.

Merespon hal tersebut, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyampaikan pihaknya akan segera mendukung kelengkapan fasilitas di RSUD Mulia. Apalagi berdasarkan hasil tinjauannya, ia melihat langsung beberapa sarana dan prasarana yang belum terpenuhi di rumah sakit tersebut.

“Bidang kesehatan itu sangat penting untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Semoga ke depannya RSUD Mulia dan BPJS Kesehatan dapat terus melayani masyarakat Puncak Jaya dengan lebih baik lagi,” ujar Risma.

Risma menyampaikan bahwa ini merupakan kunjungan kerja perdananya di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Dalam kesempatan tersebut, ia juga memberikan bantuan sosial berupa operasi katarak bagi warga setempat yang membutuhkan.

Lihat juga video ‘Mensos Risma Beri Kado Akhir Tahun untuk Balita Penderita Hidrosefalus':

[Gambas:Video 20detik]

(akd/ega)