Momen Surya Tjandra Klop Bareng Anies Baswedan hingga Nyatakan Dukungan

Jakarta

Eks Wakil Menteri ATR/BPN dari PSI, Surya Tjandra, mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Saat masih menjabat Wamen ATR/BPN, Surya juga pernah berkoordinasi dengan Anies soal penataan ruang di Kampung Akuarium Penjaringan.

Momen pertemuan keduanya itu terjadi pada 4 Mei 2021. Mereka bertemu dalam acara Rapat Koordinasi Kegiatan Reforma Agraria di DKI Jakarta, di Kanwil BPN DKI Jakarta. Dalam rapat ini, keduanya membahas soal tata ruang di Jakarta. Dokumentasi acara ini terekam dalam unggahan akun Instagram Kementerian ATR/BPN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, ada momen penyerahan sertifikat HPL tanah di Kampung Akuarium Penjaringan. Sertifikat HPL atas nama Pemprov DKI Jakarta. Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Surya saat menjabat Wamen ATR/BPN kepada Anies. Anies menilai terbitnya sertifikat tersebut merupakan salah satu langkah besar percepatan penyelesaian hunian yang layak di Kampung Akuarium.

“Terima kasih untuk kerja samanya. Karena dengan terbitnya sertifikat HPL atas tanah milik Pemprov di Kampung Akuarium ini, program pengelolaan penataan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, akan bisa diselesaikan tepat waktu,” ujar Anies saat itu.

Surya Tjandra Dukung Anies

Kini, Surya Tjandra tidak lagi menjabat Wamen ATR/BPN setelah digantikan oleh Raja Juli Antoni dari PSI. Terbaru, Surya Tjandra mengaku mendukung Anies Baswedan maju menjadi capres 2024. Surya yakin Anies bisa meneruskan program dan kebijakan yang dibuat Presiden Jokowi.

Surya Tjandra, eks wamen dari PSI, awalnya menilai presiden terpilih di 2024 harus bisa meneruskan program Jokowi. Pandangan Surya berlaku bagi siapa pun presidennya.

“Harus ada ya pertama, dan kedua, kita kan dalam pilpres, pileg, itu bukan nyari malaikat, bukan nyari manusia dewa atau setengah dewa. Tapi manusia yang ada, dalam konteks itu siapa pun yang ada harus bisa ngelanjutin, bukan cuma amanat ya,” kata Surya seperti dilihat dalam diskusi di Total Politik, Kamis (28/7/2022).

Surya Tjandra mengatakan, dari nama-nama yang beredar di bursa Pilpres 2024, dirinya mendukung Anies maju capres. Dia menilai Anies memiliki kemampuan dan kapasitas.

“Jadi interaksi saya yang sekarang dengan yang sekarang namanya muncul dalam konteks pekerjaan, apa yang dia kerjakan, apa yang kira kerjakan klopnya gimana ya untuk daerah untuk isu tertentu,” kata Surya.

“Jadi ya dari pilihan-pilihan yang ada memang kalau saya pribadi saya ngerasa Pak Anies, dari beberapa ini memang harus saya akuin Pak Anies yang punya kemampuan, punya kapasitas. Dia buktikan pada saat dia kerja sebagai Gubernur DKI ya paling tidak, dan kalau ini bisa di-scale up, Jakarta-1 bisa jadi Indonesia-1,” imbuh Surya Tjandra.