MPC Pemuda Pancasila Banyumas Gelar Pekan Pancasila

sibnews.info, Banyumas – MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas menggelar Pekan Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni mendatang.

Acara berlangsung mulai Minggu 29 Mei 2022 hingga Sabtu 4 Juni 2022 di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan. Di awali pada Minggu (29/5/2022) dengan di isi kegiatan senam aerobic, lomba fashion show, seminar nasional kepemudaan, dan bazar UMKM

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas Yudho Festiono Sudiro menyampaikan bahwa tahun 2013 lalu MPC dan MPO PP Banyumas mengusulkan ke pemerintah, tanggal 1 Juni (hari lahir Pancasila) sebagai hari libur nasional.

“Tahun 2013 lalu, kami MPC dan MPO PP Banyumas mengusulkan ke pemerintah, tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional (hari lahir Pancasila). Usulan ini telah di setujui dan di tetapkan. Karena libur, setidaknya kita sebagai kader bangsa, kader PP bisa melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat, bukan semata hanya untuk berlibur,” kata Yudho saat sambutan pembukaan kegiatan seminar nasional kepemudaan.

Seminar Nasional Kepemudaan dengan tema “Pembangunan Kepemudaan Menuju Pemuda Yang Berkarakter” tersebut juga diisi oleh  Ketua MPW PP Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo S.E., S.H.

Bambang menyampaikan, masuk organisasi PP sangat mudah dan tidak penah di tanya, orang tuanya pekerjaanya apa, agamanya apa atau partainya apa.

“Semua partai dan agama bisa masuk atau latar belakang apapun bisa masuk ke PP. Hanya dua yang di tolak masuk ke organisasi ini, yakni pemakai dan pengguna narkoba, dan kedua penghianat,” ujar Bambang.

“Penghianat itu dirinya sendiri saja dikhianati, apalagi organisasi,” sambungnya.

Bambang menambahkan, dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah, MPC Banyumas yang paling aktif dalam menggelar kegiatan.

“Tidak ada kegiatan yang tidak dikirimkan (laporan) tiap bulan kepada MPN, dari 35 Kabupaten, yang paling aktif ya Banyumas,” lanjutnya.

Pembukaan rangkaian Pekan Pancasila bakal dibuka Senin (30/5/2022) malam, pukul 19.30 WIB oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, sekaligus membuka Bazar UMKM.

Sedangkan untuk acara puncak tanggal 4 Juni diisi pemeriksaan IVA gratis dengan di siapkan berbagai hadiah serta doorprize bagi peserta pemeriksaan. Rangkaian kegiatan yang lain, seperti vaksin booster, donor darah, parade band, turnamen bola volly piala MPC juga digelar. (F13)*