Musim Penghujan, Air PDAM Keruh

musim penghujan, air pdam keruh

permasalahan kualitas air dari pdam banyumas tak kunjung usai
Pelanggan menunjukkan air PDAM

PURWOKERTO-Permasalahan kualitas air dari PDAM Banyumas tak kunjung usai. Memasuki musim penghujan ini, beberapa tempat mengalami permasalahan dimana air PDAM menjadi berwarna kecoklatan.

Warga Jalan Kalisari Gang Kencana Kelurahan Purwonegara Purwokerto Utara Hutrianto Hari Wijoyo mengatakan, air yang bersumber dari PDAM tidak layak untuk mandi, masak, bahkan mencuci baju. Pasalnya, kualitas air di tempatnya mengalami penurunan. Yakni air berwarna kecoklatan karena keruh.

“Keruh sejak tadi malam, pagi tambah keruh bercampur lumpur,” katanya Senin (12/11) siang.

Toni menambahkan, jika air tersebut disaring dengan menggunakan kain, terlihat banyak pasir dan tanah yang tertinggal dalam saringan. Kondisi seperti ini, lanjut dia pernah terjadi sebelumnya. Hanya saja, pihak PDAM memberikan keterangan mengenai penyebab air menjadi keruh.

“Dari keterangan yang diberikan, informasinya ada pipa yang bocor,” ungkapnya.

Setelah memberikan keterangan tersebut, PDAM langsung melakukan perbaikan. Dan tidak lama, air kembali jernih. Berbeda dengan sekarang. Selain tidak ada keterangan dari PDAM, juga air tetap keruh sampai pagi.

Hal yang nyaris sama juga dialami oleh Ambarwoto. Meskipun air tidak terlalu keruh, namun terjadi penurunan kualitas air. Dia memprediksi, kemungkinan sumber air keruh karena terjadi hujan yang cukup lebat.

“Namun rumah saya tetap bisa digunakan. Tetapi tetangga saya, malah sangat keruh,” ucapnya.

Terpisah, warga Perum Karena juga mengalami hal yang sama. Bahkan, kualitas air yang kurang baik tersebut sudah terjadi sejak lama. Namun hingga sekarang belum ada penyelesaian. Warga Perum Karen 2 Upik mengatakan, warna air tak lagi coklat namun hitam. Jika disaring banyak sekali lumpur yang tertinggal.

“Keluhan ini sebenarnya sudah lama, hanya saja memang sampai sekarang belum tertangani,” jelasnya.

Bahkan, untuk permasalahan tersebut sudah mendapatkan perhatian dari Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, namun tetap saja air masih keruh.

Kepala Cabang Purwokerto 1 PDAM Tirta Satria Purwokerto Untung Wahyuningrat mengatakan, untuk penanganan komplain pelanggan sesuai prosedur yang ada di PDAM. Salah satunya dengan langsung mendindaklanjuti di lapangan. Untuk ada kendala, di lapangan akan ditelusuri sampai selesai.

“Untuk penanganan air keruh, nantinya kami akan melakukan blow off secara rutin,” katanya. (ida)

Sumber: