Musium Soedirman Tambah Tank AMX13 Buatan Prancis

musium soedirman tambah tank amx13 buatan prancis

tambah tank amx13 buatan prancis
Tank buatan Perancis tiba di Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman

PURWOKERTO- Tank AMX13 buatan Perancis dipajang di Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman mulai Rabu (31/10). Tank seberat 11 ton tersebut dibawa langsung dari Jakarta.

Dijelaskan oleh Hasto Wisnu, Pengelola Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman, tank dikirim melalui jalur laut dari Jakarta menuju Semarang. Kemudian, menurutnya, langsung dipindahkan menuju Purwokerto dengan jalur darat.

Menurut Hasto, pengiriman tank dilakukan secara mendadak. Sedangkan menurut rencana awal, pengiriman baru akan diajukan setelah pihaknya siap secara fisik maupun administrasi.

“Kemarin mendapat telepon dan sempat kaget,” jelasnya ketika ditemui di Museum Jenderal Soedirman.

Hasto menjelaskan lebih dalam, persiapan landasan sebenarnya sudah terselesaikan sejak 23 Oktober yang lalu, sesuai dengan masa kontrak pembangunan. Namun, dikarenakan pengiriman yang mendadak dari pusat, maka Selasa (30/10) sore, Komandan Detasemen Peralatan (Denpal) Banyumas segera melakukan pemeriksaan terkait dengan landasan tank.

Baca:
Riuh, Kasus Peluru Nyasar yang Tewaskan Bayi

Jual Ke Horeka, Jatah Pangkalan Bakal Dipangkas

4.000 Peserta Tes CPNS Gagal

Seperti dikatakan oleh Hasto, tank dikirim secara bertahap, satu per satu. Menurut pengakuannya, setelah meletakkan tank yang pertama ke Purwokerto, kendaraan pengangkut kembali ke Semarang untuk mengambil tank kedua.

“Rencananya, akan sampai besok (hari ini) sore hari,” katanya.

Tank yang sudah terpajang di halaman depan Museum Jenderal Soedirman akan dicat ulang. Diterangkan oleh Hasto, pengecatannya akan dilakukan langsung oleh Denpal. Tidak hanya itu, setelah dipajang, tank akan dibatasi oleh pagar keliling yang terbuat dari stainless steel dan juga akan ditambahkan lampu spot untuk menerangi tank ketika malam tiba.

“Kemudian paling tidak ditambah prasasti kecil, yg menceritakan histori dari tank tersebut,” terangnya.

Dengan adanya tank tersebut, pengunjung diperbolehkan mengambil foto selfie di sekitaran tank. Hasto juga mengungkapkan, selain Purwokerto, pusat turut mengirimkan empat unit tank lainnya untuk wilayah Yogyakarta dan Magelang. (lin)

Sumber: