Muswil VII Pemuda Pancasila MPW Jateng Digelar di Purwokerto

sibnews.info, Banyumas – Musyawarah Wilayah (Muswil) VII Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) digelar di Banyumas mulai 25 hingga 27 Maret 2022 di Hotel Grand Karlita Purwokerto. Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas pun menjadi tuan rumah pelaksanaan Muswil VII ini.

Muswil dihadiri Ketua Umum (Ketum) Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP Japto Soelistyo Soerjosemarno, Sekjen MPN Arif Rahman Hakim, Kepala Disporapar Jateng (mewakili Gubernur Jateng) Sinoeng N Rachmadi, Ketua MPW Jateng Bambang Eko Purnomo, Komandan Koti Mahatidana Nasional Pemuda Pancasila Roberto Rouw, seluruh ketua MPC PP se-Jawa Tengah dan tamu undangan.

Muswil dengan agenda pemilihan ketua dan menyusun program kerja itu diawali dengan laporan ketua panitia.

Selanjutnya sambutan dari Ketua MPW PP Jateng Bambang Eko Purnomo. Dalam sambutannya, Bambang mengungkapkan Pemuda Pancasila itu ibarat gelas.

“Mau isi kopi, mau isi teh, mau isi anggur, jangan salahkan gelasnya. Salahkan yang ngisi,” ungkapnya saat memberi sambutan pada Muswil VII MPW PP Jateng, Sabtu (26/3/2022).

“Jangan pernah sekali-kali mencoreng nama Pemuda Pancasila, kita harus bersama-sama membesarkan Pemuda Pancasila,” sambung Bambang.

Kepala Disporapar Jateng yang mewakili Gubernur Jawa Tengah berpesan siapa saja yang nanti terpilih sebagai ketua MPW Jateng hendaknya tetap menegakan nilai luhur Pancasila dan mendorong pemberdayaan masyarakat.

“Siapapun yang terpilih sebagai ketua beserta jajarannya, saya hanya titip 2 hal, petama, tolong tegakkan nilai-nilai luhur Pancasila, kedua keberpihakan kepada masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Ketua MPN PP Japto Soelistyo Soerjosemarno dalm sambutannya mengatakan, MPW Jawa Tengah dinilai sukses dalam menjalankan roda organisasi Pemuda Pncasila.

“Jawa Tengah ini sangat berhasil menjalankan roda organisasi sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis masa,” ungkap Japto.

Dalam musyawarah wilayah, sambung Japto, hanya ada 3 materi yang harus diselesaiakan. Pertama, Evaluasi. Karena dari evaluasi inillah yang menghasilkan nanti kita akan menyusun program berikutnya.

Yang Kedua adalah program. “Program yang lebih mudah, lebih baik, lebih cepat dan lebih terasa oleh anggota dan oleh masyarakat,” ungkapnya.

“Yang terakhir kita baru bocara memilih impinan dan pengurus untuk masa jabatan berikutnya. Tidak ada yang bisa menentukan, yang memilih adalah MPC, itu hak kalian,” katanya.

“Di kita kalo ada dukung-dukungan pake uang, dukung dukungan pake ancaman akan saya pecat, langsung,” tegasnya.

Setelah seremonial acara usai, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Muswil. Tepat pukul 14.30 WIB, seluruh peserta Muswil memasuki ruangan. Muswil dijadwalkan berlangsung hingga pukul 20.20 WIB.

Sebagai informasi, Muswil MPW PP Jateng diikuti dua bakal calon ketua yaitu Bambang Eko Purnomo Ketua MPW Pemuda Pancasila Jateng periode 2017-2022 dan Martono anggota Pemuda Pancasila Jateng.

Baca Juga : Siapkan Hadiah 2 Sepeda Motor, Pemuda Pancasila Gelar Vaksinasi Masal dan Donor Darah

Dalam rangkaian kegiatan Muswil VII MPW Jateng, MPC PP Kabupaten Banyumas menggelar vaksinasi masal dan donor darah di Taman Kota Andang Pangrenan pada Jumat, Sabtu dan Minggu (25-27/3/2022).

Menariknya, vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi masyarakat tersebut menyediakan hadiah dua unit sepeda motor. Selain itu, ada hadiah lainnya seperti dua sepeda gunung, dua kulkas, dua televisi, dua mesin cuci dan lain-lain. Bahkan, panitia juga menyiapkan paket sembako. (F13)