Nama Erick Thohir Menguat di Bursa Capres PAN

Jakarta

Waketum PAN Yandri Susanto mengungkapkan nama Menteri BUMN Erick Thohir menguat sebagai pilihan capres di internal partainya. Hal itu, menurut Yandri, berdasarkan aspirasi dari kader PAN di tingkat wilayah.

“Di pemilu raya PAN di semua kabupaten/kota itu, nama Erick Thohir ada semua. Pemilu raya itu di kabupaten/kota merekomendasikan 10 nama. Di antara 10 nama itu nama Erick Thohir semua ada,” kata Yandri kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Yandri mengatakan dari sepuluh nama rekomendasi itu akan dikerucutkan lagi menjadi enam nama yang saat ini prosesnya masih berlangsung. Lalu keenam nama itu akan diserahkan ke Ketua Umum Zulkifli Hasan untuk ditentukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dari 10 nama itu nanti sekarang sedang berlangsung rakerwil di tingkat provinsi dari 10 nama dikerucutkan menjadi 6 nama. 6 nama dari hasil rakerwil itu akan disampaikan ke DPP untuk dibahas di rakernas akhir Agustus nanti. Walaupun memang hasil rakernas di 2020 sudah memutuskan bahwa persoalan capres-cawapres itu hak ketua umum,” ujarnya.

Yandri mengaku belum bisa menjelaskan mengapa nama Erick Thohir menguat di internal PAN. Dia menuturkan kader PAN di wilayah memiliki pertimbangan tersendiri terkait Erick Thohir.

“Ya itu karena diserahkan kepada DPD-DPD, kabupaten/kota, tentu teman-teman punya pertimbangan kenapa Erick Thohir masuk, dianggap layak, dianggap pas itu kan pertimbangan teman-teman, di antara 10 nama, itu kan nama Erick Thohir ada semua,” ujarnya.

Yandri lantas membeberkan kedekatan hubungan PAN dengan Erick Thohir. Dia menyebut Erick Thohir pun kerap hadir jika diundang oleh PAN di berbagai acara, baik resmi maupun tak resmi.

“Kalau Bang Erick sudah lama dekat, dan tadi mungkin luput di media bahwa Bang Erick sering datang ke PAN sebagai individu, sebagai menteri, di acara resmi atau tidak resmi sering, diskusi tentang kebangsaan dan ekonomi sering,” ujarnya.

“Hebatnya Bang Erick setiap diundang datang, dan selalu pakai biru, ha-ha-ha,” imbuh Yandri.

(eva/rfs)