Nggak Sembarangan! Begini Lho Aturan Pembuatan Speed Bump

Jakarta

Speed bump atau biasa disebut ‘polisi tidur’ di Jalan Danau Sunter, Jakut, dikritik karena malah menimbulkan korban kecelakaan. Sejumlah pengendara motor berjatuhan akibat pemasangan speed bump yang dicat hitam-putih mirip zebra cross.

Speed bump atau ‘polisi tidur’ adalah alat pembatas kecepatan. Speed bump dipasang agar pengendara mengurangi kecepatan kendaraan.

Pemasangan speed bump ini tak sembarangan. Ketentuan pemasangan speed bump dan sejenisnya diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2021 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut bunyi Pasal 3 Permenhub 14 Tahun 2021:

“Alat pembatas kecepatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a digunakan untuk memperlambat kecepatan kendaraan berupa perunggian sebagian badan jalan dengan lebar dan kelandaian tertentu yang posisinya melintang terhadap badan jalan.”

Ada beberapa macam pembatas kecepatan jalan yang dibagi menjadi tiga jenis, yaitu speed bump, speed hump, dan speed table. Ketiga pembatas jalan tersebut memiliki aturan pembuatan sendiri-sendiri.

Speed Bump

Speed bump sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a berbentuk penampang melintang dengan spesifikasi sebagai berikut: a. terbuat dari bahan badan jalan, karet, atau bahan lainnya yang memiliki kinerja serupa; b. ukuran tinggi antara 5 cm sampai dengan 9 cm; lebar total antara 35 cm sampai dengan 39 cm dengan kelandaian paling tinggi 50%; c. kombinasi warna kuning atau putih dan warna hitam berukuran antara 25 cm sampai 50 cm.

Speed Hump

Speed hump sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b berbentuk penampang melintang dengan spesifikasi sebagai berikut: a. terbuat dari bahan badan jalan atau bahan lainnya yang memiliki kinerja serupa; b. ukuran tinggi antara 8 cm sampai dengan 15 cm dan lebar bagian atas antara 30 cm sampai dengan 90 cm dengan kelandaian paling tinggi 15%; c. kombinasi warna kuning atau putih berukuran 20 cm dan warna hitam berukuran 30 cm

Speed Table

Speed table sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c berbentuk penampang melintang dengan spesifikasi: a. terbuat dari bahan badan jalan atau blok terkunci dengan mutu setara K-300 untuk material permukaan Speed Table; b. memiliki ukuran tinggi 8 sampai dengan 9 cm dan lebar bagian atas 660 cm dengan kelandaian 15% c. memiliki kombinasi warna kuning atau warna putih berukuran 20 cm dan warna hitam berukuran 30 cm.

Baca di halaman selanjutnya: speed bump bikin celaka pengendara motor.

Tonton juga Video: Nekat Nyeberang di Jalur Ramai, Pesepeda Ontel Dihantam Pemotor

[Gambas:Video 20detik]