Nikita Mirzani Ditangkap, Penyidik Wajib Penuhi Hak untuk Pengacara

Jakarta

Polda Banten akan memenuhi hak-hak Nikita Mirzani setelah ditangkap di mal di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Salah satunya hak Nikita Mirzani diperiksa dengan pendampingan pengacara yang ditunjuknya.

“Pascaupaya paksa terhadap Tersangka NM hari ini, penyidik berkewajiban memenuhi hak-hak tersangka untuk dimintai keterangan dengan pendampingan penasihat hukum yang ditunjuk oleh Tersangka NM,” ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga dalam keterangan kepada detikcom, Kamis (21/7/2022).

Shinto menegaskan pemeriksaan terhadap Nikita Mirzani dilakukan secara profesional dan prosedural.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dan melanjutkan penyidikan perkara tersebut secara profesional dan prosedural hingga dapat memberikan kepastian hukum,” imbuhnya.

Shinto menjelaskan, sebelum upaya paksa dilakukan, penyidik Polresta Serang Kota telah melayangkan panggilan kepada Nikita Mirzani. Dua kali panggilan polisi, Nikita Mirzani tidak datang.

“Sebagaimana kami sudah menginformasikan kepada publik, penyidik telah melayangkan surat panggilan terhadap Tersangka NM pada Senin, 20 Juni lalu, untuk dimintai keterangan atau untuk diperiksa sebagai tersangka pada hari Jumat, tanggal 24 Juni,” jelas Shinto.

Dia mengatakan Nikita Mirzani meminta penjadwalan ulang pada Rabu, 6 Juli 2022. Namun, katanya, Nikita juga tak hadir pada penjadwalan ulang.

“Polres Serang Kota telah mengirimkan berkas perkara dugaan tindak pidana ITE dan pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 dan Pasal 51 UU ITE yang juga dilapis dengan Pasal 311 KUHP. Pengiriman berkas telah dilakukan pada Selasa, 12 Juli lalu, dan ditindaklanjuti dengan penggeledahan dan penyitaan,” ucapnya.

Penggeledahan dilakukan di rumah Nikita Mirzani. Barang yang disita adalah satu unit Ipad.

Shinto menyebut ketidakhadiran Nikita Mirzani saat dipanggil polisi merupakan bentuk sikap tidak kooperatif. “Ini merupakan representasi sikap tidak kooperatif dari Tersangka NM,” ucapnya.

Dihubungi terpisah, pengacara Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid, mengatakan dirinya sedang di luar kota. Fahmi mengirimkan share location di Makassar, Sulawesi Selatan.

Simak video ‘Konfirmasi Kapolda Banten Terkait Penangkapan Nikita Mirzani’:

[Gambas:Video 20detik]

Baca di halaman selanjutnya: penahanan Nikita Mirzani ditentukan setelah 24 jam pemeriksaan.