Operasi Yustisi Gabungan, Maskernya Malah Buat Nutupin Mata

sibnews.info, Banjarnegara – Genderang perang melawan covid 19 terus ditabuh bertalu-talu oleh seluruh elemen masyarakat. Secara sistematis dan masif. Berbagai upaya dilakukan, penertiban, mengikuti arahan dari pemerintah pusat, dengan tujuan akhir meminimalisir penyebaran virus yang berasal dari Wuhan ini.

Satlantas Polres Banjarnegara, Satpol PP, Dishub, Kodim 0704 dan Sarsipol Banjarnegara bersinergi dan secara rutin melakukan penertiban, di wilayah hukum kota gilar gilar ini.

Ada yang cukup menggelitik, saat kegiatan bhakti sosial dan operasi yustisi gabungan sejumlah elemen pada Kamis (18/02/2021) pagi kemarin, di seputar perempatan Polres dan Jalan Veteran Banjarnegara, tepatnya Pasar Induk. Masih saja ditemukan masyarakat yang belum mau menggunakan masker. Bahkan saat dibantu memakaikan maskerpun masih belum tepat.

Kasatlantas Polres Banjarnegara AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH yang turut ambil bagian, berkali kali menemukan warga yang tak bermasker, selain dibagikan, penggunaan masker juga dipandu baik Erwin maupun petugas dari Kodim 0704. Bukan hanya sekali, ditemukan warga yang tak bisa memakai masker dengan benar.

operasi yustisi gabungan 3 fokba e1613708145683
Foto: Nugroho

“Eh bapak….pakai maskernya jangan buat menutupi mata, nanti bapak susah jalannya. Nah dibenerin dulu, terus ada bagian yang leras itu ditekan agar rapat,” kata Erwin, yang menemukan warga kesusahan memakai masker. Meski ditegur demikian warga tidak marah, malaham ikut tersenyum bersama petugas.

Keseruan lainnya terjadi saat ibu penjual daging ayam yang justru berlari ke arah petugas meminta masker, tidak menunggu petugas yanh mwndatangi. “Pak enyong jaluk masker e lah, enyong kelalen ora gawa koh,” dengan nada medok ibu yang diperkirakan berusia 45 tahunan itu merangsek anggota Satantas.

Dalam keterangnnya, Erwin guna mendukung program PPKM Mikro Satlantas Polres Banjarnegara mendirikan Pos Lantas Tangguh di tiga lokasi yang berada di Purwareja Klampok, Bawang dan Perempatan Polres Banjarnegara.

“Posko ini tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19,” kata Kasatlantas.

Di pos tersebut, lanjut Kasatlantas petugas bersama Kodim 0704 Banjarnegara, Satpol PP, Dishub dan Sarsipol melakukan kegiatan bakti sosial dan operasi yustisi.

Nugroho