Optimalisasi Pariwisata di Banyumas, Ganjar Dorong Warga Kreatif dan Kerap Buat Event

sibnews.info, Purwokerto – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong warga Banyumas Raya lebih kreatif dan kerap membuat event untuk mengoptimalkan pariwisata. Sebab, cara itu bisa menjadi magnet wisatawan untuk datang dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Menurut Ganjar, banyak destinasi wisata bagus di Banyumas dan sekitarnya yang bisa dijual ke wisatawan.

“Ya seperti ini, memanfaatkan aset pemerintah untuk dibuat wisata. Ini bagus, karena bisa menyerap tenaga kerja dan lebih menghasilkan. Kalau ini sudah dikelola, maka harus ada yang baru, salah satunya adalah event,” kata Ganjar saat peresmian destinasi wisata baru Taman Apung Mas Kumambang di Banyumas, Senin (18/7/2022).

Ganjar bilang, masyarakat selalu senang dengan sesuatu yang baru. Tidak hanya membangun gedung baru, tapi event juga harus selalu dibuat.

“Apalagi di Banyumas Raya ini sudah ada bandara di Purbalingga. Itu dulu kerja keras Pak Husein ini (Bupati Banyumas). Kalau banyak event di Banyumas, penerbangan datang, pasti ekonomi akan naik,” jelasnya.

Ganjar membeberkan, meskipun optimalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman masih belum sesuai dengan harapan, namun, September nanti Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta akan kembali dibuka, dan penerbangan juga jalan lagi.

“Makanya bandara di Purbalingga dan Ngloram kita dorong lagi agar penerbangannya dioptimalkan. Kalau tidak salah dalam waktu dekat seminggu ada tiga kali penerbangan. Info Pak Bupati Banyumas malah tiap hari ada penerbangan mulai bulan depan,” jelasnya.

Dengan begitu, maka sarana prasarana yang disiapkan pemerintah itu dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Banyumas Raya.

“Jadi bandara itu adalah salah satu dukungan pemerintah. Sudah kita siapkan transportasi udara untuk mendukung event. Tinggal masyarakat Banyumas Raya, anak-anak mudanya yang kreatif, pelaku wisata untuk buat event sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, pemanfaatan aset pemerintah untuk destinasi wisata merupakan salah satu cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sebab selain menyerap lapangan kerja, tempat itu juga menjadi salah satu penyumbang PAD untuk daerah.

“Dan lokasi di sini masih sangat luas, masih bisa dikembangkan untuk wahana-wahana baru yang lebih menarik. Mudah-mudahan lancar dan berkah untuk warga Banyumas,” ucapnya.

 

(sumber Humas Jateng/editor F13)