Parkir Liar Dibiarkan Tumbuh

parkir liar dibiarkan tumbuh

Dimas Prabowo/Radarmas
Parkir liar dibiarkan tumbuh 1

Tidak tercapainya target retribusi parkir, sangat disayangkan Ketua Komisi C DPRD Banyumas, Nanung Astoto. Menurut Nanung, hal itu disebabnya banyaknya parkir liar yang belum terserap dan kurangnya intensitas pengelolaan retribusi parkir yang dilakukan Dinhubkominfo.

“Pemkab harusnya lebih intensif lagi. Jika sekarang menggunakan sistem zona, Dinhubkominfo perlu turun langsung ke lapangan,” kata wakil rakyat dari Fraksi Golkar-Demokrat.

Dia mengatakan, di Kabupaten Banyumas saat ini masih banyak parkir liar yang belum bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sehingga pengelolaan retribusi parkir belum bisa terserap dengan optimal sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Seharusnya dengan banyaknya zona parkir, target bisa sangat mudah terpenuhi. Tapi karena masih banyaknya parkir liar yang belum terserap, jadi susah untuk mencapainya,” terangnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjut Nanung, Dinhubkominfo perlu melibatkan SKPD lain. Seperti Satpol PP, aparat kepolisian dan sebagainya. Sebab soal retribusi parkir berkaitan dengan perda.

“Saya yakin, kalau parkir liar bisa betul-betul diintensifkan maka untuk tahun ini targetnya bisa terpenuhi dengan mudah,” tandasnya.

Apalagi untuk retribusi parkir dikembalikan lagi untuk kepentingan masyarakat, berupa alokasi kegiatan dalam APBD seperti untuk infrastruktur dan untuk kepentingan lainnya. “Untuk pembayaran parkir, masyarakat sudah punya kesadaran yang cukup tinggi. Tinggal bagaimana pengelolaannya,” katanya. (why/sus)

Sumber: