Pasar Sokawera Mulai Dibangun, Husein: Jangan Ada Kecurangan Pembagian Letak Dagang

sibnews.info, Banyumas – Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein didampingi forkompincam Desa Sokawera, Cilongok melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Sokawera, Kamis (14/7/2022).

Pembangunan pasar yang baru saja dimulai ini merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Kades Sokawera Muhayat untuk memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Sokawera. Hal tersebut sejalan dengan salah satu tujuan dana desa yakni sebagai salah satu pemberdayaan ekonomi masyarakat.

‘’Kami bangun sebuah pasar yang nantinya dapat memberdayakan SDM di Desa Sokawera. Selain itu juga untuk meningkatkan PAD desa dan inshaAllah dengan PAD ini nantinya dapat membantu masyarakat agar tidak bergantung pada pemerintahan pusat’’ papar Muhayat, seperti dikutip dari laman Pemkab Banyumas, Kamis (14/7/2022).

Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik pembangunan pasar yang ditargetkan selesai tahun depan ini. Dalam sambutannya, ia berharap desainn pasar Desa Sokawera ini dipikirkan betul-betul, mulai dari zonasi dagang, lahan parkir, kebersihan, sirkulasi udara hingga pencahayaan.

‘’Pelatakan pedagang basah dan kering harus jelas zonasinya. Letak pintu keluar dan masuk juga jangan hanya dari depan saja, agar tidak muncul kesenjangan antar pedagang. Itu sangat penting’’ ucapnya.

Lebih lanjut, mengevaluasi dari permasalah pasar-pasar sebelumnya, Husein juga menegaskan agar tidak ada kecurangan dalam pembagian letak dagang demi kenyamanan bersama.

‘’Nanti untuk letak pedagang diundi saja. Jangan sampai ada titip menitip. Jadi nasib letak dagang ditentukan oleh pedagang sendiri’’ tambahnya

Husein berharap Pasar Sokawera tidak hanya menjadi pasar siang saja, tetapi juga dapat menjadi pasar malam, dimana masyarakat bisa memanfaatkan lahar parkir ketika malam hari menjadi tempat dagang kuliner seperti pasar manis.

 

(sumber Humas Pemkab Banyumas/editor F13)