Pasar Wage Butuh Rp 3 Miliar untuk Perbaikan dan Penguatan Blok Bekas Kebakaran

pasar wage butuh rp 3 miliar untuk perbaikan dan penguatan blok bekas kebakaran

img 20210520 011715

PURWOKERTO – Pemkab Banyumas membutuhkan anggaran Rp 3 miliar untuk memperbaiki blok B Pasar Wage yang mengalami kebakaran.

Peristiwa kebakaran itu terjadi delapan bulan lalu. Tepatnya di Blok B lantai satu, atau ruko selatan bagian barat. Kemudian menjalar ke sebagian blok lantai dua sisi selatan.
https://sibnews.info/renovasi-pasar-wage-mundur-terus-kabid-anggaran-masih-belum-jelas/
https://sibnews.info/ada-bangunan-klasik-di-pasar-banyumas-ditarget-selesai-juni-nanti/

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dinas (DPU) Kabupaten Banyumas,Irawadi mengatakan, sudah dilakukan kajian bersama tim terkait “Sudah disiapkan hasil kajiannya. Kemungkinan tetap memfungsikan bangunan yang terbakar dengan beberapa kontruksi penguatan,” kata dia, kemarin.

Untuk kegiatan tersebut, kata Irawadi dibutuhkan alokasi anggaran Rp 3 miliar. Irawadi menyampaikan, nantinya bangunan bekas kebakaran tidak dibongkar keseluruhan. Hanya bagian tertentu yang sudah tidak berfungsi.

Dia mengaku akan mengajukan usulan di anggaran perubahan tahun ini. Irawadi mengaku belum tahu apakah tersedia anggarannya untuk rehabilitasi bangunan Pasar Wage Purwokerto tersebut atau belum. “Kita tunggu dari Bupati dan Sekda Banyumas,” ujarnya.

Anggaran Rp 3 miliar itu untuk perbaikan dan penguatan struktur, serta perbaikan atap yang rusak. “Pelaksanaannya tetap tergantung keputusan Bupati, karena perlu penajaman prioritas yang harus segera dikerjakan,” imbuhnya.

Kepala UPTD Pasar Purwokerto Wilayah I, Arif Budiman menyampaikan, semua pedagang terdampak kebakaran tetap bisa berjualan. Disediakan bedeng sementara. Sebagian ada juga pedagang yang berjualan di lantai dua sisi utara. (ely)

Sumber: