Pasca Kebakaran Pasar Kota, Bupati Banjarnegara: “Sementara, Pedagang Dipindah ke Pasar Salak!”

sibnews.info, BANJARNEGARA – Pasca terbakarnya Pasar Kota Banjarnegara, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, langsung mengambil kebijakan dengan membuat pasar darurat. Sembari menunggu pembangunan pasar darurat, pedagang sementara akan pindah ke Pasar Salak.

“Tadi malam ada usulan dari sesepuh pasar, Pak Sawab, agar pasar sementara jangan terlalu jauh. Pedagang meminta untuk kegiatan jual beli sementara pindah ke pasar salak. Kami mempersilahkan jika pedagang berjualan di Pasar Salak. Dan atas masukan dari pedagang itulah, untuk pembangunan pasar darurat nanti, lokasinya juga di dekat titik pasar kota, jadi tidak jauh-jauh,” ungkap Budhi Sarwono saat meninjau lokasi pasar, Senin (15/03/2021).

Berita terkait : Pasar Kota Banjarnegara Terbakar

Diketahui, pasar kota Banjarnegara terbakar empat hari lalu. Meski tidak ada korban jiwa dan luka. Namun Dinas Perindagkop-UKM mendata, hampir seluruh kios dan los yang ada di bangunan pasar terbakar.

Kepala Dinas Perdindagkop-UKM Kabupaten Banjarnegara, melalui Kabid Pasar, Hari Arumbinuko, di kios pasar tersebut ada kurang lebih 205 kios dan 433 los di lantai I, serta kurang lebih 116 kios dan 856 los di lantai II. Hingga kerugian ditaksir mencapai Rp 18 Milyar.

“Pasar kota Banjarnegara tetap beroperasi. Sebagian pedagang yang terdampak mulai besok (hari ini, Selasa, 16/03/2021_red) pindah ke pasar salak Banjarnegara, sambil menunggu pembangunan pasar darurat,” jelasnya. (F15)*