Pastikan Bebas dari Narkoba dan Handphone, Rutan Banyumas Gelar Razia Gabungan

sibnews.info, Banyumas – Pemasyarakatan bersih-bersih jadi momentum Lapas / Rutan untuk mengingatkan kembali bahwa tugas di Pemasyarakatan salah satu core businnessnya adalah Pengamanan.

Kamis Malam (21/4/2022) Petugas Rutan Banyumas dan Kodim 0701 Banyumas serta Polresta Banyumas gelar razia gabungan pada kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Banyumas. Gelaran razia gabungan ini merupakan slah satu rangkaian kegiatan menuju 58 Tahun Pemasyarakatan yang semakin PASTI Melayani.
.
Pada arahan kepada petugas Karutan Banyumas menyampaikan sasaran utama kegiatan ini yakni memastikan tidak adanya alat komunikasi

“Sasaran utama adalah kita memastikan bahwa tidak ada alat komunikasi di dalam kamar hunian” ungkap Agung.

“Semestinya alat komunikasi hanya disediakan oleh Wartelsuspas Rutan Banyumas” tambahnya.

Selain itu, narkoba dan alat-alat yang berbahaya atau yang dianggap dapat membahayakan orang lain “ Narkoba, Senjata tajam dan benda yang dapat melukai orang lain juga jangan sampai luput dari perhatian” ujar mantan Kepala Pengamanan pada Lapas Cibinong itu.

Pada saat pelaksanaan petugas tetap menjunjung harkat dan martabat moral kemanusiaan. Memberi salam dan pemahaman sebelum melakukan penggeledahan dilakukan dengan memperhatikan sopan santun.

Setelah dilakukan razia pada 3 blok kamar hunian WBP, tidak ditemukan barang-barang yang menjadi sasaran utama, namun hanya mendapati sedikit barang yang dianggap berbahaya seperti paku, potongan kawat, dan sebuah batu kecil serta cermin.

Seusai kegiatan, dihadapan media Karutan Banyumas didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Ronitua Tambunan dan Kasubsi Pengelolaan, Sigit Purwanto menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah melksanakan kegiatan ini dengan tertib dan lancar.

“Tentu kami menyampaikan bahwa Rutan ini merupakan objek vital yang tentunya mendapat perhatian dari TNI/Polri kami menyadari keterbatasan kami, kami pun dituntut tetap bersinergi dengan bapak-bapak sekalian” ungkapnya.

Sebagai penutup Karutan menuturkan harapannya untuk menjadi momentum menjaga komitmen bersama “mudah mudahan ini menjadi momentum untuk terus berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Banyumas” pungkasnya.

Kegiatan Razia gabingan ini berjalan dengan tertib dan lancar, serta tetap menerapkan protocol kesehatan Pencegahan Covid –19. ( F28)*