Pembangunan Pasar Darurat Banjarnegara Butuh Waktu Sebulan

sibnews.info, Banjarnegara – Pasca terbakarnya pasar Kota Banjarnegara beberapa hari lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara berencana segera merelokasi pedagang terdampak ke pasar darurat. Diperkirakan pembangunan pasar darurat Banjarnegara butuh waktu 30 hingga 45 hari.

“Untuk pembangunan pasar darurat akan segera dimulai dalam waktu dekat. Butuh waktu satu bulan hingga 45 hari untuk pengerjaannya,” ungkap Bupati Banjarenegara, Budhi Sarwono, kemarin (15/03/2021).

Lebih lanjut, Budhi Sarwono menjelaskan, pasar darurat tersebut nantinya berbentuk bedeng-bedeng. Untuk kios berukuran sekitar 2×2 meter dan los sekitar 1,5 x2 meter yang terbuat dari papan kayu dengan atap seng.

“Ada sekitar 980 pedagang yang terdampak. Yang dibuatkan bedeng sekitar 938 sisanya berupa petak-petak,” jelasnya.

Diketahui, pasar kota Banjarnegara terbakar empat hari lalu. Meski tidak ada korban jiwa dan luka. Namun Dinas Perindagkop-UKM mendata, hampir seluruh kios dan los yang ada di bangunan pasar terbakar.

“Di kios pasar Kota Banjarnegara ada kurang lebih 205 kios dan 433 los di lantai I, serta kurang lebih 116 kios dan 856 los di lantai II. Kerugian ditaksir mencapai Rp 18 Milyar,” papar Kepala Dinas Perdindagkop-UKM Kabupaten Banjarnegara, melalui Kabid Pasar, Hari Arumbinuko. (F15)