Pembongkaran Pasar Manis Tunggu Pemenang Lelang

pembongkaran pasar manis tunggu pemenang lelang

Nilai Limit Rp 86 Juta

PURWOKERTO – Pendaftaran peserta lelang pembongkaran bangunan yang ada di Kabupaten Banyumas dibuka mulai Rabu (18/5). Diharapkan selama satu minggu pendaftaraan, sudah ada pemenang lelang. Termasuk pemenang untuk membongkar bangunan lama Pasar Manis yang nilai limitnya mencapai Rp 86.162.000.

pembongkaran pasar manis tunggu pemenang lelang

Kabid Aset dan Akuntansi DPPKAD Banyumas Maryono menjelaskan, lelang pembongkaran, khususnya untuk pendaftaran peserta kemungkinan akan dilakukan selama satu minggu hingga 25 Mei mendatang.

“Kita harapkan proses lelang bisa segera selesai, sehingga minggu depan sudah ada pemenangnya. Setelah ada pemenang, nanti akan diberikan waktu untuk melakukan pembongkaran,” jelasnya.

Tidak hanya bangunan Pasar Manis, lelang pembongkaran juga dilakukan bersama bangunan lain. Total ada 23 paket yang dilelang, terdiri atas kendaraan ada tujuh buah, delapan bangunan puskesmas, tiga bangunan kantor, dan empat bangunan pasar dengan nilai total limit 23 paket tersebut mencapai Rp 566.014.000.

Terkait pembongkaran gedung lama Pasar Manis yang akan dibangun kembali, Maryono menjelaskan, lelang pembongkaran masuk dalam 23 paket tersebut. Pembongkaran diharapkan dapat selesai akhir Juni, sehingga bisa dilakukan pembangunan di bekas lahan yang sudah dibongkar.

Sebelumnya, Kabid Pasar dan PKL Dinperindagkop Kabupaten Banyumas Amrin Ma’ruf menjelaskan, untuk pengajuan lelang pekerjaan pembangunan Pasar Manis tahap dua akan segera dilakukan. Rencana pembangunan sempat terhambat karena adanya perubahan DED dan penyesuaian harga material.

Dia mengatakan secara administrasi, berkas pembangunan Pasar Manis tahap kedua memang sudah siap termasuk penyempurnaan DED. “Kita usahakan secepatnya. Kita berharap bulan ini semua sudah beres dan sudah masuk ke ULP. Sehingga realisasinya kemungkinan bisa dilakukan pada Juni atau Juli nanti. Itupun jika tidak ada kendala seperti gagal lelang. Harapannya semua lancar,” katanya.

Pembangunan Pasar Manis tahap II akan dilakukan di sisi barat gedung baru. Selain bangunan gedung pasar, nantinya juga akan dilengkapi basement yang difungsikan sebagai gudang, termasuk untuk tempat parkir roda dua.
Tidak hanya itu, pasar juga akan dilengkapi sarana pendukung lainnya seperti perluasan area parkir. Alokasi anggaran yang disiapkan mencapai Rp 9 miliar yang berasal dari APBN. (bay/sus)

Sumber: