Pemkab Banyumas Harapkan Sektor Pertanian Jadi Sasaran Investasi

pemkab banyumas harapkan sektor pertanian jadi sasaran investasi

pertanianILUSTRASI : Pemkab Banyumas inginkan sektor pertanian jadi sasaran investasi, demi pembangunan dan pariwisata yang berkelanjutan

PURWOKERTOPemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mencantumkan kawasan peruntukan industri dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Diharapkan, dengan adanya kawasan tersebut, dapat membantu menarik investor dalam menanamkan modalnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP), Amrin Ma'Ruf, mengatakan, perlu dilakukan sosialisasi secara menyeluruh, terkait dengan kawasan peruntukan industri.

“Rencananya, ada di wilayah Ajibarang dan Wangon, dan lain sebagainya. Butuh diinformasikan. Soal tata ruang, dulu sulit untuk akses, ini yang kemudian kita perbaiki. Semua orang harus bisa akses,” paparnya.

Baca juga : Upsus Pajale Masih Prioritas Pertanian di Banyumas

Investor yang akan masuk, tambahnya, perlu diberikan informasi mengenai potensi yang ada di wilayah tersebut.

Sementara itu, berkaitan soal investasi, menurutnya, yang dapat dikembangkan di Banyumas ialah berbasis pertanian, jasa, pendidikan, dan perdagangan.

“Kalau industri memang terbatas. Kita juga harus mengamankan, swasembada pangan, ketahanan pangan,” tambahnya.

Pihaknya juga mengungkap, berkaitan dengan tata ruang, dirinya menginginkan investasi tak hanya sebatas hotel dan restoran, meskipun di tempat wisata.

“Kalau bisa, arahnya untuk pertanian,” terangnya.

Baca juga : Hidroponik, Dorong Anak Muda Geluti Pertanian

Pihaknya juga berharap, jika lahan hijau dan lahan basah tetap lestari. Tidak hanya soal bangunan saja. Hal tersebut guna mewujudkan pembangunan dan pariwisata yang berkelanjutan. (mhd)

Sumber: