Pemuda Kampung Rahayu Dilatih Sablon

pemuda kampung rahayu dilatih sablon

foto aPURWOKERTO – Untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas memberikan sosialisasi dan pelatihan sablon kepada pemuda Kampung Rahayu.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Banyumas Wicky Sri Erlangga Adityas mengatakan, ada 20 pemuda yang ikut pelatihan. Sebagian besar pemuda yang sebelumnya berada di jalan. “Ini menjadi pelatihan dini agar mereka tidak terjerumus ke dunia narkoba,” ujarnya.

Menurutnya dengan keterampilan mereka dapat melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat dan produktif. Apalagi sebagian dari mereka pernah menggunakan narkoba. “Dengan pelatihan ini, diharapkan mereka bisa terhindar dari barang tersebut, juga lingkungan yang berpotensi menjerumuskan,” katanya.

Peserta yang sebagian besar berusia produktif, mengikuti pelatihan selama dua hari mulai Kamis (4/2) hingga Jumat (5/2). “Jenis pelatihan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kami memberikan pelatihan sablon, karena di kawasan perkotaan usaha jasa penyablonan banyak peminatnya,” kata dia.

Ketua RW 10 Kampung Rahayu, Rudjito mengatakan, peserta pelatihan merupakan pemuda yang rawan terhadap persoalan sosial. Sebagian besar lulusan SD dan SMP yang bekerja serabutan. “Mereka belum memiliki pekerjaan, jadi rawan terhadap narkoba,” katanya.

Menurut rencana, setelah pelatihan pihaknya akan memberikan pendampingan. Peserta pelatihan akan membuat kelompok usaha jasa penyablonan. (ida/sus)

Sumber: