Pemuda Pancasila Banjarnegara Ambil Bagian Dalam Seminar Penguatan Dan Pengembangan Ideologi Pancasila

sibnews.info, BANJARNEGARA – Ormas Pemuda Pancasila (PP) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Kabupaten Banjarnegara Mengikuti Seminar Penguatan dan Pengembangan Ideologi Pancasila. Kegiatan yang diadakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Propinsi Jateng, bertempat di Gedung Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Banjarnegara, Sabtu (13/03/2021).

Selain diikuti anggota Pemuda Pancasila, seminar tersebut juga diikuti oleh unsur Ormas Kepemudaan Lintas agama, BEM Perguruan Tinggi, Ormas Kepemudaan dan Elemen masyarakat.

pp bjng seminar 1 e1615692473548

Menurut salah satu anggota PP yang mengikuti acara tersebut, Untung, maksud dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan pentingnya Pancasila sebagai konsensus nasional dan payung kebangsaan. Selain itu, seminar tersebut juga untuk menumbuhkembangkan pemahaman segenap elemen masyarakat terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, pandangan hidup dan falsafah bangsa indonesia.

Dikatannya, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan pertemuan langsung antara peserta dan penyaji materi dengan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov Jateng, Haerudin, SH,MH, dalam paparannya menyampaikan, Ideologi pancasila dibangun diatas fondasi keberagaman ideologi keagamaan, politik, sosial dan budaya yang ada di masyarakat. Pancasila pilihan tepat untuk selalu dijadikan pandangan hidup dan ideologi negara. Berangkat dari hal tersebut, diperlukan sinergitas antara pemerintah dan unsur masyarakat yang terus terjalin dengan baik, dalam rangka mènjaga keutuhan NKRI khususnya di wilayah kita, provinsi jawa tengah agar semakin kondusif dan menyejahterakan.

pp bjng seminar 2 e1615692544242

Haerudin, juga menghimbau kepada masyarakat, apabila di lingkungannya menemukan informasi/gejala yang berpotensi ke arah radikalisme, terorisme, ekstremisme untuk melaporkan ke kantor Kesbangpol.

“Jika ada informasi atau gejala di lingkungan/warga terkait dengan potensi radikalisme, terorisme, ekstremisme dan gangguan ancaman terhadap Pancasila dan keutuhan NKRI lainnya, segera koordinasikan dengan Kesbangpol dan aparat keamanan,” tegas Haerudin.

Selain diisi dari Kesbangpol, Seminar yang mengambil tema ‘MERAWAT KEBHINEKAAN MENJAGA NKRI’ juga menghadirkan 4 pembicara dari DPRD Jawa Tengah, yakni H. Bambang Eko Purnomo, SE, anggota komisi C, Hj. Nurul Hidayah M.Si, anggota komisi C, Drs.Amin Maksun, anggota komisi E dan Ferry wawan cahyono, Wakil ketua DPRD prov Jawa Tengah. (F14)