Pengertian Tahun Baru Hijriyah, Sejarah dan Maknanya

Jakarta

Pengertian tahun baru hijriyah perlu diketahui. Bisa jadi masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui betul tentang pengertian tahun baru hijriyah. Tahun baru hijriyah atau disebut juga tahun baru Islam merupakan salah satu hari penting bagi umat muslim.

Lantas, apa itu tahun baru hijriyah? Simak informasi selengkapnya tentang tahun baru hijriyah atau tahun baru Islam berikut ini.

Pengertian tahun baru hijriyah disebut juga tahun baru Islam. Pengertian tahun baru hijriyah adalah tahun baru dalam kalender hijriyah. Kalender hijriyah adalah kalender Islam. Tahun baru hijriyah atau tahun baru islam merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kalender hijriyah memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan sistem penanggalan dalam kalender masehi, sebagaimana kita kenal dan pakai saat ini. Sistem penanggalan dalam kalender Islam adalah ditentukan berdasarkan siklus bulan.

Sejarah Tahun Baru Hijriyah

Pengertian tahun baru hijriyah telah diketahui. Selanjutnya mari membahas tentang sejarah tahun baru hijriyah yakni awal mula ditentukannya kalender hijiryah sebagai kalender Islam.

Sejarah penetapan awal tahun baru Islam atau awal penanggalan hijriyah adalah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Peristiwa itu merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Dan, hari itu ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriyah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriyah.

Adapun sejarah penetapan awal penanggalan kalender hijriyah yang menjadi awal tahun hijriyah adalah tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab. Dilansir dari laman resmi Al Ain University, sejarah penentuan awal tahun baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Penggunaan penanggalan hijriyah sebagai momen awal kalender Islam itu adalah dengan ditetapkannya tahun 622 Masehi (hijrahnya Nabi Muhammad SAW) sebagai tahun pertama kalender hijriyah. Kala itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.

Pengertian Tahun Baru Hijriyah dan Maknanya

Sudah diketahui pengertian tahun baru hijriyah adalah tahun baru dalam penanggalan kalender hijriyah alias tahun baru bagi umat Islam. Adapun penetapan awal tahun baru hijriyah adalah setiap tanggal 1 Muharram.

Pemaknaan tahun baru hijriyah berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyarakat Mekkah.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.

Tahun Baru Hijriyah 2022 Jatuh Pada Tanggal 30 Juli 2022

Setelah dipahami tentang pengertian tahun baru hijriyah, sejarah dan makna tahun baru hijriyah. Menjadi pertanyaan selanjutnya adalah kapan tahun baru hijriyah atau tahun baru hijriyah 2022?

Untuk menjawab pertanyaan itu dapat merujuk pada SKB 3 Menteri yang memuat penentuan hari libur nasional. termasuk penetapan tahun baru hijriyah 2022. Menurut SKB 3 Menteri, tahun baru hijriyah 2022 adalah pada tanggal 30 Juli 2022.

Demikian penjelasan tentang pengertian tahun baru hijriyah atau tahun baru Islam serta sejarah dan maknanya. Tahun baru hijriyah 2022 jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. Semoga bermanfaat.

Lihat juga Video: Warga Korut Bersiap Sambut Bulan Purnama Pertama di Tahun Baru Imlek

[Gambas:Video 20detik]

(wia/imk)