Pengukuhan Kelompok Bisnis PNM

pengukuhan kelompok bisnis pnm

img 20181115 wa0004

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengukuhkan Kelompok Bisnis yang beranggotakan 75 orang nasabah binaan di Purwokerto, Selasa, (13/11/2018).Kelompok bisnis ini dari produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejatera (Mekaar) dari wilayah Karang Pucung, Sidareja dan Majenang. Pengukuhan Kelompok Bisnis digelar di RM. Hj. Nanik Jl. Bhayangkara Majenang pada Selasa (13/11).

PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pembinaan dan pelatihan kepada nasabah binaan, baik secara reguler ataupun kelompok yang berdasarkan pada kesamaan produk ataupun wilayah. Kelompok Bisnis dibentuk pada 9 September 2018 dan telah mendapatkan pelatihan sebanyak 4 kali mengenai:
1.Penguatan Jiwa Kewirausahaa Melalui Pola Kelompok dan Pembentukan Kelompok dengan Naraumber dari PLUT Cilacap yaitu Bp. Sahid Hidayat.
2.Akuntasi sederhana dari Ikatan Akuntan Komisariat Banyumas yaitu Bp. Dr. Oman Rusmana, SE.MSi,Ak
3.Pengelolaan Hutang dan Piutang dari Ikatan Akuntan Komisariat Banyumas yaitu Bp. Dr. Oman Rusmana, SE.MSi,Ak
4.Pembukuan Praktis Transaksi Keuangan dari Ikatan Akuntan Komisariat Banyumas yaitu Bp. Dr. Oman Rusmana, SE.MSi,Ak

Pada penutupan Kelompok Bisnis, para nasabah binaan yang merupakan pengusaha UMK di harapkan dapat melanjutkan pertemuan ini secara swadaya kedepannya dan cabang serta unit akan memfasilitasi bahan pelatihan atau bahan diskusi, adapun dalam penutupan pelatihan kelompok bisnis ini para peserta juga mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat menjadi prioritas saat pengajuan pembiayaan di ULaMM dan juga mendapat program program yang menarik dari ULaMM.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Dalam merealisasikan komitmen untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha. 

Dalam menentukan bentuk kegiatan PKU, PNM melakukan pendalaman terhadap kendala dan peluang usaha para nasabah, sehingga program PKU kami dapat tepat sasaran dan berdampak. Pendampingan dan pembinaan pun diberikan secara berkala dan berkelanjutan.

Saat ini PNM memiliki 2449 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.754 kantor cabang Mekaar.(*/adv)

Sumber: