Pengurus PPP Datangi KPU, Siap Daftar Peserta Pemilu 2024

Jakarta

Pengurus DPP PPP menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat. Kedatangan rombongan PPP disambut langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Dalam kunjungan Jumat (22/7) kemarin, Sekjen PPP Arwani Thomafi menyatakan pihaknya sepenuhnya siap mendukung berbagai persiapan yang dilakukan oleh KPU untuk menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Maksud dan tujuan kami datang ke sini pertama ingin bersilaturahmi. Selain itu untuk mengetahui persiapan pelaksanaan tahapan pemilu. Saya yakin pemilu nanti dapat berjalan lancar sesuai rencana,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut, Arwani menilai penting peranan komunikasi antara partai politik sebagai peserta pemilu dengan KPU selaku penyelenggara guna menyukseskan Pemilu 2024.

“Apalagi dalam waktu dekat ini tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 mulai dibuka. Berbagai persiapan tentu harus dilakukan baik KPU maupun partai politik,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini PPP sudah mulai menyiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan untuk menjadi peserta pemilu, mulai dari tingkat pusat hingga ke kecamatan.

“Persiapan itu sudah kita lakukan, baik itu dokumen kepengurusan maupun dokumen keanggotaan. Harapan kami tentu nantinya bisa melaksanakan setiap tahapan tepat waktu,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan akan ada beberapa perbedaan pada sistem pendaftaran parpol (Sipol) Pemilu 2024 dengan Pemilu 2019 silam.

“Pada prinsipnya pendaftaran parpol disampaikan terpusat. Berbeda dengan tahun lalu, di mana ada dokumen keanggotaan yang diserahkan ke KPU kabupaten atau kota,” kata Hasyim.

Dia juga mengatakan pendaftaran partai politik peserta pemilu mulai dibuka pada 1 Agustus 2022, dan akan ditutup pada 14 Agustus 2022 pukul 24.00 WIB.

“Jadi nanti yang dibawa ke sini pada pendaftaran yakni surat pendaftaran yang ditanda tangani Ketua Umum dan Sekjen partai. Lalu, berkas verifikasi berupa dokumen pengurus, domisili kantor dan keanggotaan,” jelasnya.

Dia berharap partai politik dapat mendaftar sejak awal pendaftaran dibuka. Sebab menurutnya berkas yang diserahkan ke KPU akan diteliti terlebih dulu, sebelum dinyatakan lengkap atau tidak lengkap.

“Sehingga partai masih ada waktu untuk melengkapi berkas yang dinyatakan tidak lengkap,” pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam pertemuan tersebut pengurus DPP PPP lainnya, yakni Waketum DPP PPP Ermalena, Ketua DPP PPP Rendhika Deniardy Harsono, Ketua DPP PPP Fitri Gayo, Wasekjen DPP PPP Idy Muzayyad, Wabendum DPP PPP Lukman Yani dan Sekjen GPK Thobahul Aftoni.

Simak juga ‘KIB Diprediksi Akan Berkoalisi Dengan PDIP untuk Melawan NasDem':

[Gambas:Video 20detik]

(fhs/ega)