Penjualan Produk UMKM Kabupaten Banyumas Ditingkatkan

penjualan produk umkm kabupaten banyumas ditingkatkan

Ada di Mini Market Modern
PURWOKERTO- Kendala yang dialami pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) selama ini berupa penjualan. Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas memberikan inovasi penjualan.

Kepala Dinperindag Kabupaten Banyumas, Yunianto mengatakan, produk-produk unggulan dari pelaku UMKM lokal Banyumas dapat dijual di mini market modern.

penjualan produk umkm kabupaten banyumas ditingkatkan

“Produk UMKM lokal Banyumas ada banyak seperti batik Banyumas, serta makanan dan minuman olahan, kalau bisa dijual di mini market modern secara tidak langsung akan mendongkrak penjualan, karena banyak pembeli yang datang,” katanya.

Lebih lanjut Yunianto menuturkan, kaitannya dengan pemasaran di mini market modern, pelaku UMKM juga perlu memperhatikan pengemasan. Selama ini, pengemasan produk dilakukan secara asal-asalan.

Menurut Yunianto, pengemasan produk memiliki pengaruh penting pada penjualan. Pasalnya, pengemasan yang menarik juga dapat menarik perhatian pembeli.

Sementara itu, di salah satu mini market modern yang ada di Purwokerto, sudah menyediakan produk UMKM. Namun, belum banyak yang dipajang di mini market tersebut.

“Karena prosesnya harus melalui kerjasama langsung dengan kantor pusat di Cirebon,” ujar Kepala Mini Market Modern yang ada di Jalan HR Bunyamin, Wiwit Dwi Indriani.

Wiwit menuturkan, penyediaan produk UMKM juga tidak ada di semua cabang mini market modern. Untuk penempatannya diprioritaskan di tempat yang strategis dan ramai.

Selain produk UMKM, yang ada di mini market modern tersebut juga ada makanan khas Banyumas, yaitu mendoan. (ely)

Sumber: