Penyidik Polres Jaksel Diintervensi Paminal Saat Mau Periksa Kuat-Bharada E

Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap soal intervensi yang dilakukan Biro Paminal Divpropam Polri terhadap penyidik Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel). Intervensi terjadi saat penyidik hendak meminta keterangan saksi-saksi terkait tewasnya Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Dia mengatakan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (9/8/2022), sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu penyidik Polres Metro Jaksel hendak membuat berita acara pemeriksaan (BAP) saksi-saksi yakni Bharada Richard Eliezer (RE atau E), Bripka Ricky Rizal (RR), dan Kuat Ma’ruf.

“Namun penyidik mendapatkan intervensi dari personel Divpropam Polri. Penyidik hanya diizinkan merubah format berita acara interogasi yang dilakukan oleh Biro Paminal Divpropam menjadi berita acara pemeriksaan,” kata Jenderal Sigit, Rabu (24/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal itu dia sampaikan saat rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di kompleks DPR. Diketahui, peristiwa Brigadir J ditembak hingga tewas pada Jumat (8/7) sore di rumah dinas Kadiv Humas Polri di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel).

Setelah kejadian penembakan, Bharada E, Bripka RR, dan Kuat dibawa ke kantor Biro Paminal Divpropam Polri.

Saat itu, Kadiv Propam Polri masih dijabat Irjen Ferdy Sambo. Belakangan diketahui, Ferdy Sambo menjadi perancang pembunuhan terhadap Brigadir J dan sekaligus merekayasa kasus tersebut.

Jenderal Sigit melanjutkan, pada pukul 13.00 WIB, penyidik Polres Metro Jaksel diarahkan personel Divpropam Polri untuk melakukan rekonstruksi kejadian di TKP.

“Setelah selesai rekonstruksi, para saksi menuju rumah Saudara FS (Ferdy Sambo) di Saguling,” katanya.

Pada saat bersamaan, lanjutnya, personel Biro Paminal Divpropam menyisir TKP dan memerintahkan untuk mengganti hard disk CCTV yang berada di pos sekuriti Kompleks Polri Duren Tiga. Hard disk ini lalu diamankan personel Divpropam Polri.

Simak video ‘Tanda Tanya Keberadaan Samsung S8 Milik Brigadir J’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.