Perbaikan Jl Cikarang-Cibarusah Depan Puskesmas Ini Ditarget Segera Kelar

Jakarta

Jl Raya Cikarang-Cibarusah di Kabupaten Bekasi mengalami kerusakan parah. Perbaikan masih dikerjakan sampai saat ini. Targetnya, perbaikan kelar akhir bulan.

“Saat ini sedang dilaksanakan pekerjaan pengecoran jalan betonnya, dari arah RS Amanda menuju ke arah puskesmas,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Jl Cibarusah-Mekar Mukti, Dede M Yahya, kepada detikcom, Rabu (24/8/2022).

Kerusakan parah menyusahkan kendaraan yang melintasi jalan ramai ini. Ruas ini dilintasi kendaraan dari arah Cikarang Selatan ke Jonggol maupun sebaliknya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kerusakan parah di jalan ini bahkan sampai menimbulkan genangan air. Bak kolam renang, air menggenangi jalanan tersebut. Kerusakan di sini sepanjang sekitar 300 meter, lokasinya tak jauh dari Puskesmas Sukadami dan kantor Kecamatan Cikarang Selatan.

“Diharapkan, akhir bulan ini jalur tersebut sudah selesai dikerjakan,” kata Dede M Yahya.

Informasi perbaikan telah tercantum dalam akun Instagram Pemerintah Kabupaten Bekasi (@pemkabbekasi), sejak unggahan 24 Mei 2022. Perbaikan Jl Raya Cikarang-Cibarusah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Perbaikan di sini disebut dengan istilah ‘peningkatan jalan’. Berdasarkan situs Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, peningkatan jalan adalah kegiatan penanganan untuk dapat meningkatkan kemampuan ruas-ruas jalan dalam kondisi tidak mantap atau kritis agar ruas jalan tersebut dalam kondisi mantap.

jl raya cikarang-cibarusah di kabupaten bekasi rusak parah. potret 1 agustus 2022. (m alfons/detikcom)Jl Raya Cikarang-Cibarusah di Kabupaten Bekasi rusak parah. Potret 1 Agustus 2022. (M Alfons/detikcom)

Pemprov Jabar hendak meningkatkan jalan sepanjang 2,3 km tersebut, dimulai dari depan Perumahan Cifest di Cikarang Selatan hingga ke depan Perumahan Mega Regency. Perbaikan jalan di sini telah didahului pembebasan lahan jalan sebanyak 17 bidang lahan sejak 2017 hingga awal 2022, dari Desa Sukadami dan Desa Serang di Kecamatan Cikarang Selatan dengan luas 1.273 meter persegi.

Bila dihitung sejak Mei, ini sudah memasuki tiga bulan. Informasi dari PPK Peningkatan Jl Cibarusah-Mekar Mukti tadi menyatakan perbaikan sudah bakal sampai di depan Puskesmas Sukadami pada akhir Agustus ini, alias tak lama lagi.

Simak juga ‘Hujan Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah, Cek Selengkapnya di Sini!’:

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)