Perempuan Tak Berjilbab Viralkan Dirinya Dilarang Masuk Masjid Erick Thohir

Jakarta

Kabar viral beredar di jejaring media sosial, seorang perempuan dilarang masuk masjid yang dibangun Erick Thohir, yakni Masjid At-Thohir di Kecamatan Tapos, Kota Depok, karena perempuan tersebut tidak berkerudung. Pihak Masjid At-Thohir memberikan penjelasan bahwa pihaknya tidak melarang perempuan tak berjilbab masuk ke masjidnya.

Kabar viral datang dari akun TikTok @etibudiy01, diunggah pada Selasa (23/8/2022) malam dan viral pada Rabu (24/8). Video itu menyebar pula lewat media sosial jenis lain.

“Aduh kudu diviralin nih,” begitu kata Etty di video TikToknya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Awalnya, Etty hendak menunaikan salat masjid bersama suaminya di masjid itu. Namun dia dilarang masuk oleh seorang pria di masjid itu.

“Ada bapak-bapak bilang katanya harus pakai jilbab, yang nggak pakai jilbab nggak boleh salat di sini. Coba bayangin, hanya karena saya nggak pakai jilbab terus saya nggak boleh masuk ke dalam Masjid At-Thohir,” kata Etty.

Dia menjelaskan bajunya termasuk sangat sopan dengan kemeja lengan panjang dan celana panjang, hanya saja dia tidak mengenakan kerudung.

“Padahal tahu sendiri dong Pak Erick Thohir, dia baik banget. Saya pasti boleh salat di sini sama Pak Erick Thohir,” kata Etty.

Dia menilai orang-orang di masjid ini sudah bersikap seperti polisi agama. Dia menegaskan bahwa ini adalah Indonesia.

Kata pihak masjid

Pihak Masjid At-Thohir menyatakan tidak melarang perempuan tanpa jilbab untuk masuk ke masjidnya. Pria yang melarang Etty disebutnya adalah jemaah yang kebetulan berada di situ.

“Kita tidak pernah melarang siapa pun itu, apalagi untuk beribadah. Yang tidak berkerudung pun kita perbolehkan,” kata Sekretaris Masjid At-Thohir, Amanda, kepada detikcom, Rabu (24/8/2022).

Kini, pihak masjid sudah mendapat kontak Etty dan sedang berusaha menyampaikan klarifikasinya ke Etty. Selain itu, pihak Masjid At-Thohir menyampaikan rekaman CCTV yang memperlihatkan peristiwa yang dikomplain oleh Etty di media sosialnya.

rekaman cctv tentang seorang perempuan yang mengaku dilarang masuk masjid at thohir karena dirinya tidak berkerudung. (dok masjid at thohir)Rekaman CCTV tentang seorang perempuan yang mengaku dilarang masuk Masjid At-Thohir karena tidak berkerudung. (Dok. Masjid At-Thohir)

“Kita ada rekaman CCTV. Ada jemaah yang melarang dengan memberi isyarat, hanya beberapa detik. Itu kejadian tadi malam, antara magrib ke isya,” kata Amanda.

Sekilas soal masjid ini

Berdasarkan keterangan di situs Masjid At-Thohir, masjid ini didirikan oleh pengusaha nasional yang merupakan pemilik Adaro Energy Indonesia, Boy Thohir dan adiknya, Erick Thohir, pengusaha nasional yang kini menjadi Menteri BUMN.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 31 Maret 2018. Setelah tiga tahun pembangunan, masjid ini berdiri. Pada 9 Maret 2022, masjid ini diresmikan Presiden Jokowi.

masjid at thohir di depokMasjid At Thohir di Depok (Syanti/detikcom)

Masjid ini beralamat di Jl Mochamad Thohir, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat. Area keseluruhan masjid mencapai 3.240 meter persegi, mampu menampung 3.371 jemaah. Luas kompleks masjid ini sekitar 9.000 meter persegi, termasuk fasilitas amphitheater, lahan parkir, serta taman.

Lihat juga Video: Kepsek yang Mesum di Toilet Masjid di Wonosobo Diperiksa

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/tor)