Peringatan HAN 2022, SD N 2 Purwokerto Kulon Gelar Peragaan Busana

sibnews.info, Banyumas – Suasana meriah terlihat ketika sejumlah anak kelas 1 sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas melakukan peragaan busana.

Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2022. “Peringatan HAN tahun ini kita isi dengan kegiatan kreatifitas anak” ujar Dani, salah seorang guru, Rabu (27/7/2022).

Dani menjelaskan, kegiatan peragaan busana yang digelar memang terinspirasi dari Citayam Fashion Week (CFW) yang saat ini tengah viral di sosial media.

“Sedikit terinspirasi dari CFW, tapi busana yang dipakai anak-anak adalah pakaian tradisional atau adat Nusantara dan berbagai macam profesi pekerjaan. Ada yang memakai baju adat jawa, baju dokter, baju TNI dan sebagainya,” jelas Dani.

whatsapp image 2022 07 27 at 11.09.26

Dalam kesempatan yang sama, Pengawas Sekolah Dasar Korwil Dinas Pendidikan Purwokerto Selatan, Untung Budi Wahyoko mengatakan peringatan HAN ini sangat penting bagi anak untuk merayakannya, sekaligus sebagai ajang mengekspresikan diri.

“Peringatan HAN di SD Negeri Kulon 2 ini sangat penting bagi anak untuk merayakan sekaligus ajang mengekspresikan diri anak-anak, ternyata mereka bisa tampil gembira sambil bersosialisasi dengan teman, dengan orang lain,” kata Untung.

Disinggung tentang efektifitas pembelajaran lima hari untuk anak SD di kabupaten Banyumas, Untung menjelaskan, masa percobaan selama tiga bulan ini penting sebelum diterapkan secara permanen.

“Saya kira ini penting, setelah itu kan ada evaluasi. Dari segi pembelajaran bisa juga lebih efektif karena anak dipusatkan dari Senin hingga Jumat, jam belajar juga ditambah, jadi anak akan lebih fokus belajar,” terangnya.

“Kemudian hari Sabtu dan Minggu anak-anak diberi kesempatan libur dan istirahat dirumah beserta keluarga,” pungkasnya.

whatsapp image 2022 07 27 at 11.10.03 e1658895313785

Diketahui, pada Selasa (26/7/2022), Bupati Banyumas Achmad Husein telah mengumumkan bahwa jenjang pendidikan SD di Kabupaten Banyumas bakal menerapkan uji coba kegiatan pembelajaran 5 hari sekolah mulai 1 Agustus 2022.

“Dengan pertimbangan supaya lebih efektif sistem belajar mengajar di tingkat Sekolah Dasar (SD) Negeri Kabupaten Banyumas, maka mulai tanggal 1 Agustus 2022 akan diuji coba selama 3 bulan jam belajar 5 hari,” ujar Husein. (F13)

Baca Juga : Mulai 1 Agustus, SD Negeri di Banyumas Bakal Terapkan 5 Hari Sekolah