Peringatan Harlah Ke 76 Muslimat Nahdlatul Ulama PC Muslimat NU Kabupaten Banyumas

sibnews.info, Banyumas – Muslimat NU Kabupaten Banyumas menyemarakan Harlahnya ke 76 dengan mengadakan berbagai macam kegiatan antara lain Safari KB pada bulan Fevruari hingga Maret 2022, berbagai macam lomba pada tanggal Minggu (20/3/2022) dan acara puncaknya yaitu tahlil masal pada tanggal 29/5/2022.

Pada hari Minggu (20/3/2022) berlangsung berbagai macam lomba yang dibuka langsung oleh ibu Bupati Banyumas, Hj. Erna Husein. Berbagai kegiatan tersebut berlangsung di tiga tempat sekaligus. Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut berlangsung di gedung Muslimat NU Kauman Lama, Aula Joglo Hj. Umi di Kauman Lama juga dan gedung KBIH Al Wardah selatan GOR Satria Purwokerto.

peringatan harlah ke 75 muslimat nahdlatul ulama pc muslimat nu kabupaten banyumas i e1647830888889

Adapun berbagai macam lomba tersebut antara lain lomba kreasi sambel, lomba administrasi, lomba jurnalistik yang dilangsungkan di gedung Muslimat NU serta lomba IMLA di aula Joglo Hj. Umi Kauman Lama Purwokerto. Sedangkan bertempat di KBIH Al Wardah dilangsungkan lomba busana baju dan taplak.

peringatan harlah ke 75 muslimat nahdlatul ulama pc muslimat nu kabupaten banyumas vi e1647830624248

Dalam sambutan pembukaan di gedung muslimat NU, Hj. Erna Husein menyampaikan bahwa Muslimat NU telah berkontribusi aktif dan nyata dalam pemberdayaan kaum ibu di masyrakat.

Muslimat sebagai organisasi wanita telah memiliki program di bidang pendidikan, kesehatan, pengelolaan haji, kesejahteraan masyarakat, koperasi, dan sebagainya. Kiprah ini menjadi bukti nyata bahwa Muslimat telah berkontribusi bagi masyarakat khususnya perempuan atau kaum ibu, tandasnya.

“Selamat memperingati hari lahir kepada keluarga besar Muslimat NU yang ke 76. Teruslah berkarya memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk lebih mandiri dan sejahtera,” ucapnya.

peringatan harlah ke 75 muslimat nahdlatul ulama pc muslimat nu kabupaten banyumas v       peringatan harlah ke 75 muslimat nahdlatul ulama pc muslimat nu kabupaten banyumas iv

Menurutnya, program Muslimat sejalan dengan pemerintah, yaitu bidang kesehatan pada penanganan stunting. Muslimat telah ikut serta mendukung dan mensosialisasikan pencegahan stunting kepada masyarakat.

Hj.Erna Husein juga menghimbau agar ajang perlombaan yang digelar tersebut tidak hanya sekedar lomba, namun dapat ditindaklanjuti menjadi produk kreatif. Lomba Kreasi Sambel misalnya dapat dikembangkan menjadi sambel kemasan yang layak jual.

“Materi lomba kreasi sambel, kreasi taplak dan lainnya dapat dikembangkan menjadi produk lokal. Produk itu dikemas menarik yang dijual secara langsung maupun online”, pesannya.

Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Banyumas, Dra. Hj. Laely Manshur menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta lomba. Semangat peserta menjadi modal untuk Muslimat mengkader dan berkarya untuk masyarakat.

Menurutnya, dalam kaderisasi perlu pengembangan. Saat ini Muslimat mengelola yayasan pendidikan, haji, kesejahteraan masyarakat, koperasi, dan lainnya.

“Muslimat saat ini mengelola YPM 232, TPQ 53, PAUD 64, dan 1527 majelis taklim dan lainnya. Sementara koperasi An Nisa telah mengelola distribusi garam dan sabun cuci ke masyarakat untuk pendapatan organisasi,” tegasnya. | AB. Setiawan | (F12)*