Peringati Hari Agraria, BPN Banjarnegara Bagikan Sertifikat PTSL

BUPATI Banjarnegara, Budhi Sarwono, kembali menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Penyerahan sertifikat tanah berlangsung di Pendapa Dipayuda Adhigraha, Senin (9/11/2020), bertepatan dengan Peringati Hari Agraria dan Tata Ruang ke-60 tahun 2020.

Penyerahan simbolis sertifikat tanah diberikan kepada 5 orang, yakni : Desiana Anggri Pratiwi (Desa Kebutuhjurang-Pagedongan), Mahlan Sungudi (Twelagiri-Pagedongan), Nurokhman (Argasoka-Banjarnegara), Salipan (Kayuares-Pagentan), dan Bondan Tri Saputra (Sirukun-Kalibening).

Bupati Budhi Sarwono dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada warga yang baru saja menerima sertifikat. Wing Chin mengingatkan kepada warga agar menyimpan baik baik bukti kepemilikan tanah tersebut.

“Kita pasti memahami, masalah tanah adalah sangat penting. Agar tidak menimbulkan sengketa dan hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Maka dari itu simpanlah baik-baik sertifikat tanah ini, bikin foto copinya suatu saat diperlukan mudah mencarinya,” katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas kinerja ATR/BPN Banjarnegara dalam melayani program PTSL. Program tersebut, katanya, sangat membantu masyarakat.

“Program PTSL sangat bagus. Pemkab mendukung penuh, kami siap memberikan fasilitasi dan kemudahan untuk kelancaran program ini,” imbuhnya.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banjarnegara, A. Yani SH, mengatakan, jumlah sertifikat yang dibagi pada acara tersebut sebanyak 30 buah. Sedangkan 5 sertifikat secara simbolis. Untuk capaian PTSL tahun 2020 untuk Peta Bidang Tanah (PBT) sebanyak 58.554 bidang dengan Sertipikat Hak Atas Tanah sebanyak 36.874 bidang.

“Sedangkan Rencana PTSL untuk tahun 2021, PBT 40.000 bidang, dan Sertipikat Hak Atas Tanah 64.180 bidang,” jelasnya.

Secara khusus, A. Yani merasa sangat bersyukur karena di Banjarnegara semua lembaga mendukung programnya.

“Alhamdulillah semua pihak dan lembaga mendukung mulai dari Pemkab, Polres, Kodim, Kejaksaan dan masyarakat di Kabupaten Banjarnegara, ini luar bisa sambutannya,” jelasnya.

Seremoni penyerahan sertifikat PTSL tersebut dihadiri anggota Forkompimda, kepala OPD, Camat dan seluruh karyawan di jajaran Kantor Pertanahan Kabuapten Banjarnegara.

Kegiatan diawali dengan mengikuti Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang secara virtual dari Istana Negara, dimana Presiden Joko Widodo membagikan satu juta sertifikat tanah kepada satu juta masyakarat di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten dan Kota di Indonesia, yang diberikan secara virtual pula.

penulis : muji prasetyo
editor : djito el fateh