Peringati Hari Bayangkara ke 76, Polsek Baturraden Gelar Bhakti Kesehatan dan Nanggap Ebeg

sibnews.info, Baturraden – Kapolsek Baturaden, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah AKP. Dwi Astuti Ratna Suciningsih memimpin langsung bakti kesehatan berupa pelaksnaan Vaksin dan pentas Ebeg atau kuda lumping Jum’at (17/06/2022) di lapangan Akrab Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas.

“Pagelaran seni kuda lumping menghadirkan group  “Sukmo Putro Turonggo Asih” dari desa Karang Tengah, Kecamatan Baturaden untuk menarik minat warga Baturraden dan pengemar Kesenian Ebeg / kuda lumping untuk mengikuti vaksin, baik Dosis 1, 2 dan boster Covid 19,” kata Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K.,M.H. melalui Kapolsek Baturaden AKP. Dwi Astuti Ratna Suciningsih

Pagelaran Ebeg atau yang lebih dikenal dengan kuda lumping tersebut dipilih karena minat / antusias warga di Baturraden sangat tinggi  sehingga dapat dihadiri oleh beberapa komunitas kuda lumping di sekitar Baturraden dan Banyumas. Mereka masing masing komunitas didampingi oleh tim pawang “dukun” kuda kepang dan satu komunitas bisa mencapai 20 anggota.

Lebih lanjut Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K.,M.H. melalui Kapolsek Baturaden AKP. Dwi Astuti Ratna Suciningsih sesaat sebelum acara dimulai  mengatakan kepada Penonton dan komunitas Ebeg agar terlebih dahulu melakukan Vaksin  bagi yang belum vaksin Covid 19 baik dosis 1,2 dan boster

“Disini telah disediakan 2 gerai sekaligus dari Puskesmas 1 dan Puskesmas 2 Baturraden.
Serta menghimbau warga untuk tetap melaksanakan Prokes Covid 19 dengan baik demi menjaga kesehatan bersama,” harapnya.

Untuk itu Kapolsek Baturaden telah bagi anggota Polsek Baturraden menjadi 3 Tim bekerjasama dengan Forkopimcam dan Nakes.

“Tim 1 untuk menjaring warga / komunitas Ebeg untuk Vaksin, Tim 2 memberikan edukasi tentang Vaksin Covid 19 kepada penonton, Tim 3 di lokasi pentas Ebeg / kuda lumping untuk pengamanan,” tambahnya.

Kapolsek Baturaden menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut bertujuan agar masyarakat dan komunitas Ebeg bisa Vaksin tanpa harus datang ke Puskesmas, dengan menyaksikan  pagelaran tersebut juga dapat vaksin Covid 19 sekaligus.

“Alhamdulillah warga dan komunitas sangat antusias Ikut Vaksin dan kegiatan bisa berjalan aman, lancar”. Sehingga dapat memvaksin sebanyak 270 warga,” pungkasnya.