Permainan Tradisional di HUT RI ke-77 “Pitulasan Menara Teratai”

sibnews.info, Banyumas – Berbagai lomba digelar untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI. Lomba-lomba diadakan mulai dari tingkat RT, RW, desa/ kelurahan, kecamatan, maupun kabupaten.

Salah satu kegiatan yang akan dilombakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI adalah permainan tradisional.

“Permainan tradisional yang dilombakan ada empat yaitu tarik tambang, panjat pinang, egrang, dan nyunggi tampah”, ujar Wardoyo selaku koordinator lomba pitulasan dari OPD Dinporabudpar, seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Banyumas, Selasa (16/8/2022)

Wardoyo menerangkan bahwa untuk memeriahkan peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI ini, diharapkan semua kecamatan mengikuti. Waktu pelaksanaan lomba setelah upacara peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI, pukul 10.00 s.d. 16.00 bertempat di Menara Teratai jalan Bung Karno Purwokerto, tambahnya.

Lomba ini juga membuka untuk peserta umum dari masyarakat, dengan jumlah peserta tiap regu lomba tarik tambang 5 (lima) orang, panjat pinang 5 (lima) orang, egrang 3 (tiga) orang, dan nyunggi tambah khusus perempuan 3 (tiga) orang, terangnya.

Lomba-lomba ini juga disediakan hadiah, juara pertama mendapat uang Rp 500.000,00, juara kedua Rp 300.000,00, juara ketiga Rp 200.000,00. Khusus untuk lomba panjat pinang banyak hadiah berupa barang seharga dua juta tiap pohonnya.

(F13)